Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum; prinsip pengembangan kurikulum; karakteristik kurikulum yang berlaku secara nasional; pengembangan desain pembelajaran berdasar prinsip pedagogi, andragogi, dan heutagogy. Matakuliah ini memfasilitasi kajian kritis terhadap kurikulum dan desain pembelajaran yang dikembangkan di jenjang pendidikan dasar. Terakhir, matakuliah ini mempraktikkan pengembangan kurikulum sekolah lengkap dengan desain pembelajarannya dengan mengacu kepada teori dan standar yang berlaku.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mangkaji secara kritis konsep, prinsip, dan teori pengembangan kurikulum dan rancangan pembelajaran berdasar prinsip pedagogi, andragogi, dan heutagogy dan mempraktikkan dalam bidang pendidikan dasar.
Daftar Pustaka:
  • Blaschke, L.M. 2012. Heutagogy and Lifelong Learning: A Review of Heutagogical Practice and Self-Determined Learning. Research Articles Vol 13 (1).
  • Moore, Alex. 2015. Understanding the School Curriculum: Theory. Politics and Principles. London and New York: Routledge
  • Kemp, J.E., Morrison, G.R., & Ross, S.M. 2013. Designing Effective Instruction. NJ: John Wiley and Son Inc.
  • Mann, S., O’ Brien, R., Ker, Glennys. 2017 Designing for Heutagogy: An Independent Learning Pathway Approach. Capable-Scope (Flexible Learning), 2.
  • Ornstein, A.C. & Hunkins, F.P. 2018. Curriculum: Foundation, Principles, and Issues. Harlow, England: Pearson Education Limited.
  • Sulistya, R. 2019. Heutagogi sebagai Pendekatan Pelatihan bagi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , Vol. 4 (2). DOI : 10.24832/jpnk.v4i2.1222