Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Materi ajar meliputi: hakikat kurikulum dan buku teks, jenis kurikulum, prinsip pengembangan kurikulum, perkembangan kurikulum di Indonesia, karakteristik buku teks yang baik, prinsip pengembangan buku teks atau buku ajar, problema penggunaan kurikulum dan buku teks, analisis isi kurikulum dan buku teks bahasa Arab, pengembangan kurikulum dalam bentuk silabus dan RPP, serta menyusun buku teks bahasa Arab.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep teoretis tentang (1) hakikat kurikulum (pengertian, kedudukan, dan fungsi), (2) komponen kurikulum, (3) prinsip pengembangan kurikulum, (4) Telaah kurikulum Bahasa Arab (misalnya KBK, KTSP, K13), (5) penyusunan silabus, (6) penyusunan RPP, (7) hakikat buku teks (pengertian, kedudukan, dan fungsi), (8) prinsip pengembangan buku teks, (9) telaah buku teks bahasa Arab, (10) penyusunan buku teks bahasa Arab. Disiplin belajar, bertanggungjawab, bekerjasama, komunikatif-responsif, percaya diri, dan menghargai pendapat orang lain.

Daftar Pustaka:
  • Ornstein, Allan C and Hunkins, Francis P. 2013. Curriculum Fondation, Principles, and Issues. Boston. Pearson Education, Inc.

  • Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

  • Rachmadie, S. 1990. Pemilihan Buku Teks sebagai Materi Perkuliahan untuk Jurusan Bahasa Asing. Warta Scientia, 1990 (Edisi Khusus) Nopember.

  • Belawati, Tian., Sadjati, Ida Malati., Pannen, Paulina., Puspitasari, Susy., Andriani, Duri., Benny A.P., Tung, Khoe yao. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

  • Reksoatmodjo, Tedjo Narsoyo. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT Refika Aditama.

  • Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

  • Wiles, Jon W & Bondi, Joseph C. 2011. Curriculum Development A Guide to Practice. Boston: Pearson Education, Inc.

  • Johnson, Elaine. 2005. Contextual Teaching and Learning: What it is and Why It’s Here to Stay. http//www.horizonshelpr.org/contextual/hlm/ diakses tanggal 15 Desember. 2005.

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Model Pengembangan RPP. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.