Tahun Akademik:
Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
B8-PLB
Deskripsi:

Matakuliah ini membahas tentang konsep ABK dan kajian psikologis tentang perekembangan. Selain itu, matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkolaborasi dengan tim ahli terkait untuk melakukan asesmen pada ABK. Lebih lanjut mata kuliah ini membahas tentang karakteristik dan permasalahan perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus, serta layanan pembelajaran bagi ABK.


Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan

  • Memiliki pemahaman tentang asesmen dan karakteristik ABK serta mampu menganalisis permasalahan perkembangan ABK

  • Memiliki pemahaman yang komperhensif tentang ABK, kajian psikologis Anak berkebutuhan Khusus pada aspek perkembangan serta Mampu memberikan layanan pembelajaran yang acomodatif bagi ABK..

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Lewis, Vicky,2003 Development And Disability , second edition. Blackwell Publishing, UK

  • Kauffman, Hallahan , 1994, Exceptional Children, Allyn Bacon, USA
    Mangunsong f. (1998). Psikologi dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI

  • Santrock J. (2007). Perkembangan Peserta didik Jilid 1 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga

  • Soemantri S. (2007). Psikologi Peserta didik Luar Biasa. bandung: Refika Aditama

  • Syamsu Yusuf & Nani M.S. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada