Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
N-N
Deskripsi:
Gerak Harmonik Sederhana: 1. Perpindahan dalam Gerak Harmonik Sederhana, 2. Kecepatan dan percepatan dalam Gerak Harmonik Sederhana, 3. Energi Osilator Harmonik Sederhana, 4. Osilasi Harmonik Sederhana dalam Sistem Kelistrikan, 5. Superposisi Dua Getaran Harmonik Sederhana dalam Satu Dimensi, 6. Superposisi dari n Getaran Harmonik Sederhana. Gerak Harmonik Sederhana yang Teredam: Metode yang menggambarkan Peredaman dalam Osilator. Osilasi Terpaksa: 1. Perilaku Osilasi terpaksa, 2. Masalah pada Isolasi Getaran, 3. Signifikansi dari Dua Komponen Kurva Perpindahan, 4. Nilai-Q dalam Bandwidth Penyerapan Resonansi, 5. Nilai-Q sebagai Faktor Amplifikasi, 6. Pengaruh adanya Transient. Osilasi Tergandeng: 1. Kekakuan (atau Kapasitansi) Osilator Berganda, 2. Koordinat Normal, Derajat Kebebasan dan Mode Getaran Normal, 3. Metode Umum untuk Menemukan Mode Normal Frekuensi, Matriks, vektor Eigen dan nilai Eigen, 4. Kopling Massa atau Induktansi , 5. Osilasi tergandeng dari Loaded String, 6. Persamaan Gelombang. Gerakan Gelombang Transversal: 1. Persamaan Gelombang, 2. Refleksi dan Transmisi Gelombang pada Tali, 3. Energi Refleksi dan Transmisi, 4. Koefisien Intensitas yang Dipantulkan dan Ditransmisikan, 5. Gelombang Berdiri pada tali, 6. Energi dari tali yang berosilasi, 7. Grup Gelombang dan Kecepatan Grup, 8. Grup Gelombang dari Banyak Komponen (The Bandwidth Theorem), 9. Gelombang Transversal dalam Struktur periodik, 10. Array Linier dari Dua Jenis Atom di Kristal Ionik, 11. Efek Doppler. Gelombang Longitudinal: 1. Gelombang Suara dalam Gas, 2. Distribusi Energi dalam Gelombang Suara, 3. Intensitas Gelombang Suara, 4. Gelombang Longitudinal dalam Benda Padat, 5. Gelombang Longitudinal dalam Struktur periodik 6. Refleksi dan Transmisi Gelombang Suara, 7. Refleksi dan Transmisi Intensitas Suara. Gelombang Lebih Dari Satu Dimensi : 1. Representasi Gelombang Pesawat dalam Dua dan Tiga Dimensi, 2. Persamaan Gelombang dalam Dua Dimensi, 3. Gelombang terpandu, 4. Mode Normal dan Metode Pemisahan Variabel, 5. Kasus Dua Dimensi, 6. Kasus Tiga Dimensi, 7. Mode Normal dalam Tiga Dimensi
Capaian Pembelajaran
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep gerak harmonik sederhana, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari system fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep gerak harmonik teredam, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari system fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep gerak harmonik terpaksa, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari system fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep osilasi tergandeng, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari system fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep gelambang transversal, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari system fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep gelombang longitudinal, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari system fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep gelombang dalam kasus lebih dari satu dimensi, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari system fisis tersebut.
Daftar Pustaka:
  • Pain, H.J. 2005. The Physics of Vibrations and Waves 6th. John Wiley and Sons.
  • French, A.P. 1971. Vibrations and Waves (The M.I.T. Introductory Physics Series). CRC Press.