Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
I9-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk memperluas dan memperdalam wawasan mahasiswa tentang (1) landasan kebijakan dalam KKNI dan SN Dikti, (2) landasan keilmuan dalam pengembangan desain, (3) mengembangkan desain pembelajaran konvensional dan dalam jaringan, dan (4) kapabel melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran bahasa/sastra pada jenjang pendidikan tinggi.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai landasan kebijakan dalam KKNI dan SN Dikti sebagai landasan pengembangan pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan tinggi.
  • Mahasiswa menguasai landasan keilmuan dalam pengembangan desain pendidikan dan perkuliahan pada jenjang pendidikan tinggi.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan desain pembelajaran konvensional dan dalam jaringan pendidikan bahasa/sastra Indonesia pada jenjang pendidikan tinggi.
  • Mahasiswa memiliki kapabilitas dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran bahasa/sastra pada jenjang pendidikan tinggi.
Daftar Pustaka:
  • http://kkni.ristekdikti.go.id/
  • Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
  • Akbar, S. & Sriwiyana. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cipta Media.
  • Anderson, L.W, dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman, Inc.
  • Bailey, J., Ellis, S., Schneider, C., & Ark, T. (2013). Blended learning implementation guide. Version 1.0. Foundation for Excellence in Education.
  • FitzPatrick, T. (2012). Key Success Factors of eLearning in Education: A Professional Development Model to Evaluate and Support eLearning. Online Submission.
  • Jill B. Cummings and Mary L. Blatherwick (Eds), 2017. Creative Dimensions of Teaching and Learning in the 21st Century. Rotterdam: Sense Publishers.
  • Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
  • Kemenristekdikti. 2015. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
  • Mayer, R., & Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge university press.
  • Palfrey, J. G., & Gasser, U. (2011). Born digital: Understanding the first generation of digital natives. ReadHowYouWant. com.
  • https://lldikti11.ristekdikti.go.id/download/pdf/693