Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Pokok-pokok bahan kajian meliputi kajian konseptual, teoritis dan praktis terkait teori, konsep, pendekatan, dan model-model pembelajaran yang berorientasi masa depan dan berorientasi kearifan lokal dengan menggunakan teknologi yang ada maupun menggunakan teknologi disrupsi yang dapat meningkatkan performa peserta didik dalam hal ini segala sesuatu yang berkaitan dengan technology enhanced learning. Selama mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan aktif: (1) mendalami teori dan konsep pembelajaran yang berorientasi masa depan; (2) mengkaji pendekatan pembelajaran pedagogy, andragogy, dan heutagogy; (3) melakukan kajian lingkungan belajar berbasis cerdas (smart learning environment); (4) melakukan kajian lingkungan sosial budaya dan dapat mewujudkannya ke dalam model pembelajaran berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik pebelajar pendidikan dasar; (5) merancang dan mengembangkan model pembelajaran yang menggunakan teknologi disrupsi; dan (6) melakukan kajian praktis dengan merancang pembelajaran yang mengoptimalkan teknologi yang ada (minimum penggunaan teknologi)
Capaian Pembelajaran
  • Pembahasan RPS, 2) Kontrak Perkuliahan , dan 3) Evaluasi
  • Mahasiswa mengkaji teori, konsep, pendekatan, model, dan strategi pembelajaran.
  • Mahasiswa mendalami tren model pembelajaran berbasis teknologi terkini
  • Ujian Tengah Semester
  • Pembahasan Ujian Tengah Semester
  • Mahasiswa mendalami tren model pembelajaran berbasis kearifan lokal
  • Mahasiswa merancang, menciptakan, melaksanakan, mengelola dan menilai model pembelajaran secara tematik
  • Ujian Akhir Semester
Daftar Pustaka:
  • 1). Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.; 2). Warsono dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.; dan 3). Nugroho, R. Arifin. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal. Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal.
  • 1) Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Berbasis HOTS Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills. Tangerang: Tira Smart. 2019; 2) Nugroho, R. Arifin. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal.
  • Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Faisal_Pendas/Publication/332212877_POTRET_IMPLementasi_Pembelajaran_Berbasis_High_Order_Thinking_Skills_HOTS_DI_Sekolah_Dasar_Kota_MEDAN/Links/5ca6947592851c64bd50b1d4/POTRET-Implementasi-Pembelajaran-Berbasis-High-Order-Thinking-Skills-Hots-Di-Sekolah-Dasar-Kota-Medan.Pdf
  • 1) Abbas, Ersis Warmansyah. Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: Wahana Jaya Abadi. 2015; 2) https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316; 3) http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/33; 4) https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/3091
  • Warsono dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013; 2) http://www.e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/55
  • 1) https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/4854; 2) https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/192; 3) http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/170
  • 1) Akbar, Sa’dun dkk. Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2016.; 2) Malawi, Ibadullah dan Kadarwati, Ani. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi).Magetan: AE Media Grafika. 2017.; 3) (https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=tq9yDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pembelajaran+tematik&ots=rM71EpvcGu&sig=GnvqLkvQeiY84tZd1rwUk1MMA6U&redir_esc=y#v=onepage&q=pembelajaran%20tematik&f=false
  • 1) Prastowo, Andi. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana. 2019.; 2) https://pdfs.semanticscholar.org/f0b2/5e72dac522106af131e3c8006f2979767b9f.pdf
  • 1. Kadir, Abd dan Asrohah, Hanun. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2015; 2) (http://digilib.uinsby.ac.id/6928/2/Pembelajaran%20Tematik--Kadir1.pdf)