Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
M-M
Deskripsi:
Mata kuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad 21; analisis kesempatan pasar melalui analisis lingkungan pasar; penentuan target pasar dan pengembangannya melalui Segmenting, Targeting, dan Positioning; pengembangan strategi pemasaran; pengambilan keputusan pemasaran; dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai konsep teoritis manajemen pemasaran dan memahami pentingnya manajemen pemasaran
  • 2. Memahami konsep perkembangan pemasaran di Abad ke-21
  • 3. Menguasai proses-proses manajemen pemasaran meliputi segmenting, targeting, positioning
  • 4. Dapat merumuskan perencanaan yang berbeda bagi produk dan jasa
  • 5. Mampu merumuskan perencanaan strategi, taktik dam membangun nilai dalam pemasaran
  • 6. Memahami bagaimana menganalisa lingkup pasar, kebutuhan dan keinginan konsumen serta merancang kebijakan pemasaran yang baik
Daftar Pustaka:
  • Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14th Edition.Prentice Hall: New Jersey
  • Kotler, Philip & Gary Armstrong.(2010).Principles of Marketing 13th Edition.Prentice Hall: New Jersey
  • Donald R. Lehmann & Russel S. Winer. (2005).Analysis for Marketing Planning.Sixth Edition.Mc.Graw-Hill International Edition
  • Alma Buchari.(2007).Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung
  • Fill Chris.(1999).Marketing Communications.Prentice Hall.Europe
  • Kartajaya Hermawan. (2002). Mark Plus On Strategy. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
  • Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
  • Syafrudin Chan. (2003). Relationship Marketing. PT.Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
  • Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
  • Bacal Robert. (2003). Performance Management. Terjemahan. Jakarta: Gramedia