Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
K-K
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas perilaku manusia dalam organisasi. Kajian dilakukan dengan menggunakan pendekatan multi disiplin, artinya perilaku akan dipahami dari pendekatan dan teori yang sudah establish. Cakupan bahasan mata kuliah ini mencakup analisis perilaku pada level individual, kelompok dan organisasional. Perilaku individu mencakup konsep diri, nilai, persepsi, kepuasan dan motivasi. Perilaku kelompok mencakupu kelompok kerja dan tim kerja, konflik, komunikasi interpersonal, kepemimpinan, kekuasan dan politik. Pada level organisasi, bahasan mencakup pengambilan keputusan, budaya organisasi, struktur dan desain organisasi
Capaian Pembelajaran
  • Memahami apa itu perilaku konsumen, bagaimana memasarkan pada konsumen, dan pemanfaatan teknologi dalam memahami konsumen
  • Memahami konsumen sebagai seorang individu, bagaimana kepribadian, motivasi, persepsi, serta pembentukan dan pengubahan sikap konsumen.
  • Memahami bagaimana berkomunikasi dengan berbagai jenis tipe konsumen.
  • Memahami konsumen dalam lingkungan sosial dan budayanya
  • Memahami pengambilan keputusan konsumen, dan riset konsumen.
Daftar Pustaka:
  • Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. 2015. Consumer Behavior, 11th Edition. Essex: Pearson Education Solomon, M.R. 2018. Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Essex: Pearson Education Jurnal Nasional dan Internasional Kredibel (Journal of Consumer Research, Journal of Consumer Marketing, The Journal of Indonesian Economy and Business, dll)