Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
AB-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji konsep dasar dan tujuan bimbingan dan konseling (BK) pribadi sosial; hubungan antara BK pribadi sosial dengan BK belajar dan karier; bagaimana menganalisis kebutuhan dan mengembangkan BK pribadi sosial serta teknik BK pribadi sosial. Dalam matakuliah ini mahasiswa juga melakukan analisis dan mengembangkan program BK pribadi sosial, mengaplikasikan teknik BK pribadi sosial, dan menyusun rencana pelaksanaan BK pribadi sosial.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, tujuan dan hubungan antara BK pribadi-sosial dan BK belajar, dan BK Karier.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur menganalisis kebutuhan, prosedur pengembangan program dan menjelaskan prosedur merancang pelaksanaan BK pribadi-sosial serta menjelaskan teknik-teknik BK pribadi-sosial
  • Mahasiswa terampil menganalisis kebutuhan, mengembangkan program,merancang Rencana Pelaksanaan serta mengaplikasikan teknik-teknik BK pribadi-sosial
Daftar Pustaka:
  • Karpman, S.B. 201). A Game Free Life. Drama Triangle Publications.
  • Kolb, D. A. 1984. Experiential learning: Experience as the source of learning and development (Vol. 1). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
  • Paul, R., Elder, L. (2006). The Art of Socratic Questioning. Foundation for Critical Thinking.
  • Raths, L.E.,. Harmin, M., & Simon, S.B. 1978. Values and Teaching 2nd ed. Columbus, OH: Charles E. Merrill
  • Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  • Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill Education
  • Simon, S.B., Howe, L.W., & Kirschenbaum, H. 1972. Values Clarification: A Handbook of Practical Strategies for Teachers and Students. New York: Hart Publishing