Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1.         Hakikat strategi dan ruang lingkup pembelajaran: a) ciri, b) komponen, c) posisi strategi belajar mengajar dalam teori belajar, pendekatan pembelajaran, dan sebagai model pembelajaran.

2.         a. Karakteristik strategi belajar mengajar sains (model pembelajaran sains)

b. Contoh mode-model pembelajaran sains: model siklus belajar, model problem-based learning (PBL), model-model belajar kooperatif, model pembelajaran science-technology-society (STS), model direct instruction.

3.         Model.model pembelajaran konvensional (pembelajaran berbasis pengetahuan): directinstruction, pembe1ajaran dengan teks

4.         a. Hakikat pembelajaran berbasis konstruktivisme/kontekstual

b. Model-model pembelajaran: model siklus belajar, PBL, model STS/SETS, model-model belajar kooperatif

5.         a. Metodik khusus pembelajaran sains: ekspositori, discovery-inquiry, problem solving.

b. Teknik -teknik khusus dalam pembelajaran sains: eksperimen, demonstrasi, permainan/ simulasi, belajar di luar kelas, diskusi, tanya-jawab, dan ceramah.

6.         Media pembelajaran: kerucut pengalaman belajar, macam-macam media pembelajaran sains.

7.         Motivasi belajar: belajar kompetitif, belajar individual, dan belajar kooperatif

8.         Pengelolaan kelas/laboratorium: pengaturan ruang, letak dan posisi meja/kursi belajar, media pembelajaran

9.         Pengajaran remedial: belajar tuntas, diagnosis kesulitan belajar, pengajaran perbaikan/pengayaan.

Kriteria pemilihan strategi belajar mengajar: Pendekatan pembelajaran, karakter dan perkembangan peserta didik, karakter bahan ajar, kondisi lingkungan belajar, fasilitas sekolah.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami konsep dan prinsip dasar pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mencapai keterampilan Abad 21
  • 1. Memahami konsep dan prinsip dasar pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk mencapai keterampilan Abad 21
  • 2. Menganalisis strategi pembelajaran biologi di SMA berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran di sekolah dan dokumen kurikulum pembelajaran biologi yang digunakan oleh guru.
  • 2. Menganalisis strategi pembelajaran biologi di SMA berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran di sekolah dan dokumen kurikulum pembelajaran biologi yang digunakan oleh guru.
  • 3. Mengembangkan rancangan dan rencana pembelajaran biologi/sains dengan menerapkan strategi pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan tekonologi informasi (TPACK) serta sumber dan bahan dari potensi dan kearifan local untuk mengembangkan kecakapan hidup Abad 21.
  • 3. Mengembangkan rancangan dan rencana pembelajaran biologi/sains dengan menerapkan strategi pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan tekonologi informasi (TPACK) serta sumber dan bahan dari potensi dan kearifan local untuk mengembangkan kecakapan hidup Abad 21.
  • 4. Memilih dan menetapkan media dan bahan ajar (khususnya yang berbasis ICT) untuk mendukung penerapan strategi pembelajaran yang telah dikembangkan (Berbasis ICT)
  • 4. Memilih dan menetapkan media dan bahan ajar (khususnya yang berbasis ICT) untuk mendukung penerapan strategi pembelajaran yang telah dikembangkan (Berbasis ICT)
  • 5. Memilih dan menetapkan teknik dan bentuk instrumen penilaian dalam suatu rancangan pembelajaran biologi yang sesuai Abad 21 (Asesmen Otentik untuk HOTS, 4C, Literasi)
  • 5. Memilih dan menetapkan teknik dan bentuk instrumen penilaian dalam suatu rancangan pembelajaran biologi yang sesuai Abad 21 (Asesmen Otentik untuk HOTS, 4C, Literasi)
  • 6. Mengimplementasikan hasil pengembangan strategi pembelajaran biologi dalam bentuk peer teaching atau kelas riil dengan memperhatikan aspek-aspek pengelolaan kelas.
  • 6. Mengimplementasikan hasil pengembangan strategi pembelajaran biologi dalam bentuk peer teaching atau kelas riil dengan memperhatikan aspek-aspek pengelolaan kelas.
  • 7. Merancang pengajaran perbaikan dan pengayaan sesuai kebutuhan siswa
  • 7. Merancang pengajaran perbaikan dan pengayaan sesuai kebutuhan siswa
Daftar Pustaka:
  • 13) Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning (Second Edition). Boston: Allyn and Bacon
  • 17) Permendikbud RI No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
  • 3) Callahan, J.F., Clark, L.H. and Kellough, R.D. 1992. Teaching and The Middle and Secondary Schools. New York. Macmillan Publishing Company.
  • 4) Delisle, R. 1997. How to Use Problem-based Learning in the Classroom. Alexandria: ASCD.
  • 6) Joyce, B., Weil, M. and Calhoun, E. 2009. Models of Teaching: Model-Model Pengajaran (Edisi 8). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • 9) NGGS. 2013. APPENDIX H – Understanding the Scientific Enterprise: The Nature of Science in the Next Generation Science Standards
  • 1) Andersson Lorin W. dan Krathwohl David R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, pengajaran dan asesmen (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • 2) Arends, R.I. 2004. Learning to Teach, Sixth Edition. Boston: McGraw Hill. Barba, R.H. 1995. Science in the Multicultural Classroom. Boston: Allyn and Bacon.

  • 5) Fry, Heather, Ketteridge, S, and Marshall, S. 2013. Handbook Teaching and Learning: Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi (Terjemahan). Jakarta: Zanava Publishing.
  • 7) Krauss, J. and Boss, S. 2013. Thinking Through Project-Based Laerning: Guiding Deeper Inquiry. California: Corwin-SAGE Comp.
  • 11) Partomisastro, K. dan Hadisuparto, D. 1984. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar.
  • 12) Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kecana Frenada Media Group.
  • 14) Tan, Ong-Seng. 2004. Enhanching Thinking Through Problem-Based Learning Approach: International Perspective. Sinagpore: Thomson.
  • 15) Ying-Shao Hsu and Yi-Fen Yeh. 2019. Asia-Pacific STEM Teaching: From Theoretical Frameworks to Practice(E-book); Springer
  • 16) https://www.bookwidgets.com/blog/2019/03/direct-instruction-a-practical-guide-to-effective-teaching
  • 18) Permendikbud RI No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
  • 19) Permendikbud RI No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dasar dan Menengah
  • 20) Permendikbud RI No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dasar dan Menengah
  • 8) Mishra P. and Kohler, M. J. 2006. Technological Pedagogical Knowledge: A Framework Knowledge. Teachers College Record. Volume 108, Number 6, June 2006, pp. 1017–1054
  • 10) Prawiradilaga, D.W. 2008. Prinsi-prinsip Pembelajaran: Instructional Design. Jakarta: Kecana Frenada Media Group.