Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-19GA
Deskripsi:
1. Mengidentifikasi konsep/teori Kurikulum 2. Mengidentifikasi jenis jenis kurikulum 3. Membandingkan prinsip kurikulum pendidikan teknologi dan vokasi dengan pendidikan umum. 4. Mengidentifikasi isue dan problematika pembelajaran produktif kurikulum PTV 5. Membandingkan konsep/prinsip KTSP dengan kueikulum 6. Mendeskripsikan hubungan standar kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi 7. Identifikasi hakekat pendekatan saintific dalam pembelajaran produktif Tata Busana dengan kurikulum 8. Mengidentifikasi teknik penilaian pembelajaran produktif bidang Tata Busana dengan Kurikulum. 9. Menyusun /mengidentifikasi silabus pembelajaran PTV tata busana mengacu kurikulum 10. Menyusun /mengidentifikasi Rencana Pembelajaran Semester/Rencana pelaksanaan pembelajaran produktif bidang tata busana 11. terampil menetapkan bahan ajar /materi pelajaran, memilih strategi pembelajaran, memilih/menyusun media pembelajaran dan membuat instrumen penilaian terkait dengan KD dan IPK
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis perbandingan kurikulum berbasis kompetensi bidang pendidikan Tata Busana
  • Menganalisis Komponen Kurikulum
  • Terampil menyusunPerangkat Pembelajaran Pendidikan Tata Busana
Daftar Pustaka:
  • (4) Reksoatmodjo, T.R. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Kejuruan. Bandung: Refika Aditama.
  • (6) Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Dan Guru Inti. Kemendikbud:Badan pengembangan SDM dan penjaminan mutu Pendidikan. 2013
  • (1) Calhoun, C.C., Finch, A.A. 1982. Vocational Education: Concepts and Operations. Belmount: Wadsworth Publication Company.
  • (2) Mclean R., Wilson, D. 2009. International handbook of Education for the Channging World of Work. Bridging Academic and Vocating Learning. Bonn, Germany:
  • (3) Nana S.S. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.
  • (5) Sukamto. 1988. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.