Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
MB-KM
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi: (1) konsep dasar pemasaran jasa perpustakaan & lembaga informasi, (2) perkembangan pemasaran, (3) komoditas perpustakaan & lembaga informasi, (4) strategi pemasaran (5) konsep bauran pemasaran (marketing mix) (7) promosi perpustakaan &lembaga informasi (8) konsep bauran promosi (promotion mix) (9) merancang promosi untuk perpustakaan/lembaga informasi
Capaian Pembelajaran
  • 4.1 Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur pemasaran perpustakaan dan lembaga informasi
  • 4.2 Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur promosi perpustakaan dan lembaga informasi
  • 4.3 Merancang pemasaran untuk perpustakaan & lembaga
Daftar Pustaka:
  • 1. AAker, david A.2013. Manajemen Pemasaran Strategis=Strategic Market Management. Jakarta: Salemba Empat
  • 2. Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa: Proinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi.
  • 3. ALA, ACRL, 3M Library System. Strategic Marketing for Academic and Resource Library. Campaigh American Libraries
  • 4. Kotler, Philip . 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran I. Ed. 8. Jakarta : Penerbit Erlanga
  • 5. --- . 2010. Marketing 3.0: Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Hman Spirit. Jakarta: Penerbit Erlangga
  • 6. Qalyubi, Syihabuddin, dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga.
  • 7. Von, vorgelegt & Claudia Jung. 2003.Marketing strategies for academic libraries. Hannover: Fachhochschul
  • 8. Hermawan, Agus. (2012).Komunikasi Pemasaran.Jakarta: Erlangga.
  • 9. Pudjiastuti, Wahyu. 2016. Social Marketing: Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  • 10. Blech, GE & Blech, MA. 2003. Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Companies:The McGraw-Hill.
  • 11. Mustafa, Badollahi.2012. Materi Pokok Promosi Jasa Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.