Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai (1) konsep psikolinguistik sebagai disiplin hibrida Psikologi dan Linguistik; (2) konsep berbahasa sebagai proses mental; (3) teori berbahasa Stimulus—Respon Skinner sebagai pembentukan kemampuan berbahasa yang dibentuk oleh kekuatan dari luar; (4) teori berbahasa competence--performance sebagai kegiatan mental model Chomsky; (5) konsep bahasa dan pikiran; (6) sintaksis dasar dan pemanfaatannya untuk kegiatan mental produksi bahasa; (7) kata, makna, proses morfologi, proses sintaksis dalam tahap pemahaman pesan; (8) kata, makna, proses morfologi, proses sintaksis dalam tahap penyimpanan pesan; (9) pengolahan pesan dengan berdasarkan skemata kata, bentuk kata, makna kata dan fungsi sintaksis dalam Perencanaan Ujaran; (10) problem mental berbahasa: mendengarkan dan berbicara serta membaca dan menulis Bahasa Indonesia; (11) konsep dasar dan problem mental mendengarkan--berbicara dan membaca—menulis sebagai aktivitas sosial yang melibatkan faktor mental kognitif pembicara—pendengar; dan (12) Menerapkan konsep dasar problematika mental kognitif dalam proses mendengarkan dan membaca ke dalam penyusunan instrumen penelitian mental kognitif dalam kegiatan berbahasa mendengarkan-membaca (reseptif) dan berbicara—menulis (produktif) melalui kegiatan penulisan laporan penelitian sederhana berupa artikel ilmiah.
Capaian Pembelajaran
  • 2.1 Menguasai proses mental yang terjadi dalam proses pemahaman dalam proses produksi bahasa lisan dan tulis, baik dalam situasi resmi dan situasi tidak resmi.
  • 2.2 Menguasai proses mental yang terjadi dalam proses pemahaman dalam proses pemerolehan bahasa tulis dan lisan dalam situasi resmi dan tak resmi
Daftar Pustaka:
  • 1) Chaudron, C. (1990). Second Language Classroom. Cambridge: CambridgeUniversity Press. 2) Cook, V. (1991). Second Language Learning and Language Teaching. London: Edward Arnold. 3) Dardjowidjojo, S. (Ed.) (1987). Linguistik: Teori dan Terapan. Jakarta Lembaga Bahasa Universitas Katolik Atmajaya. 4) Dardjowidjojo, S. (2000). Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo. 5) Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor. 6) Ellis, R. (1988). Classroom Second Language Development. New York: Prentice-Hall. 7) Harras, K.A. dan Bachari, A.D.(2009). Dasar-Dasar Psikolinguistik. Bandung: UPI Press. 8) Pateda,M. (1990), Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende-Flores: Nusa Indah 9) Nababan, S.U.S. (1992). Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia. 10) Nugroho, W.W. (2018). Karakteristik Bahasa Toni Blank: Kajian Psikolinguistik, Teori, dan Praktik. Yogyakarta: UGM Press 11) Sudarwati, E dkk. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press