Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
MB-KM
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi (1) Konsep Dasar Kajian Budaya, (2) Wilayah Kajian Budaya, (3) Semiotika, (4) Analisis Tekstual Budaya, (5) Teori Narasi, (6) Etnografi dalam Kajian Budaya, (7) Identitas Sosial, (8) Ideologi, (9) Budaya Media, dan (10) Budaya Konsumsi sehingga di akhir perkuliahan, mahasiswa mampu menyusun laporan kajian budaya secara mandiri.i.
Capaian Pembelajaran
  • 2.1 Menguasai konsep kajian budaya
  • 2.2 Menjelaskan pendekatan dan prinsip kajian budaya
  • 2.3 Mendeskripsikan prosedur dan objek kajian budaya
Daftar Pustaka:
  • 1. Atkinson, P & Hammersley, M (1994). Ethnography and Participant Observation. In Norman Denzin and Yvonna Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks: Sage, pp.249-261
  • 2. Barthes, Roland.1982. Empire of Signs. New York: Hill and Wang
  • 3. Barthes, Roland. 2010. Imaji, Musik, Teks. (Kumpulan Esei Terpilih, Stephen Health (Ed.). Diterjemahkan oleh Agustinus Hartono.Yogyakarta: Jalasutra.
  • 4. Burton, Graeme. 2012. Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.
  • 6. Holzer, B.2006. International Journal of Consumer Studies, 30, 405-415,.
  • 7. Ibrahim, Idi Subandi. 2005. Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia Edisi Kedua. Yogyakarta: Jalasutra.
  • 7. Ibrahim, Idi Subandi. 2005. Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia Edisi Kedua. Yogyakarta: Jalasutra.
  • 8. Laurence Grossberg et al.(eds.).1992. Cultural Studies. New York: Routledge,
  • 9. Lull, James. 1998. Media, Komunikasi, Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • 10. Nixon, Sean, 1996. Hard Looks: Masculinities, Spectatorship and contemporary Consumption, London:UCL Press
  • 11. Storey, John. 1998. Cultural Theory And Popular Culture: A Reader. Atlanta: U of Georgia P,.
  • 12. Yasraf, Amir Piliang. 2004. Dunia yang Dilipat: Tamasya melampaui Batas-batas Kebudayaan. Yogyakarta: Jalasutra.
  • 13. Barker, Chris. 2008. Cultural Studies. Third Edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore: Sage Publications.
  • 14. Cranny-Francis, Anne. 1994. Popular Culture. Geelong: Deakin University Press.
  • 15. Dittmer, Jason. 2010. Popular Culture, Geopolitics, and Identity. Lanham, Meryland: Roman & Littlefield Publisher, Inc.
  • 16. Mudji Sutrisno dan Hendar Putranto. (Eds.). t.t. Cultural Studies: Tantangan bagi Teori-teori Besar Kebudayaan. Depok: Kukusan.
  • 17. Spradley, L.P. 2001, The Ethnographic Interview. New York: Holt, Rinehart, and Wiston