Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
MB-KM
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi topik bahasan tentang (1) sastra secara ekologi, (2) studi lingkungan budaya, (3) lingkungan budaya dalam karya sastra, (4) bentuk lingkungan budaya, (5) lingkungan interaksi masyarakat yang mengadaptasi nilai-nilai religi dan ekologi, (6) lingkungan interaksi masyarakat yang mengkreasikan kesenian, (7) lingkungan interaksi masyarakat yang mengadopsi mata pencaharian hidup tradisional, (8) fungsi lingkungan budaya, dan (9) penerapan ekologi sastra dalam pengkajian karya sastra
Capaian Pembelajaran
  • 2.7 Menguasai konsep dan prinsip dasar ekologi sastra untuk kepentingan pengkajian sastra.
  • 3.1 Menerapkan konsep dan prinsip ekologi sastra dalam pengkajian karya sastra
Daftar Pustaka:
  • 1. Harsono, S. (2008). Ekokritik: Kritik Sastra Berwawasan Lingkungan. Kajian Sastra, 32(1), 31-50.
  • 2. Sudikan, S. Y. (2016). Ekologi Sastra. Lamongan: CV Pustaka Ilalang Group
  • 3. MUIN, F. (2013). Ekokritisisme: Kajian Ekologis dalam Sastra.
  • 4. Sukmawan, S. (2015). Sastra Lingkungan. Universitas Brawijaya Press.
  • 5. Hamilton, M. (2002). Sustainable literacies and the ecology of lifelong learning. Supporting lifelong learning, 1, 176-187.
  • 6. Barton, D. (2017). Literacy: An introduction to the ecology of written language. John Wiley & Sons.
  • 7. McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here?. Ecosphere, 4(5), 1-20