Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
MB-KM
Deskripsi:
Matakuliah ini menyeminarkan rancangan proposal penelitian yang dihasilkan dalam matakuliah Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Penelitian Pembelajaran Sastra Indonesia sehingga layak ditulis menjadi skripsi. Kegiatan yang dilakukan dalam seminar adalah menelaah kelemahan proposal yang diseminarkan pada aspek: judul, latar belakang masalah, tujuan/fokus/masalah penelitian, kajian pustaka, metode penelitian, dan rancangan instrumen penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • 3.1.1 Menelaah kelemahan judul, latar belakang masalah, tujuan/fokus/masalah penelitian pada proposal yang diseminarkan dan memberikan saran perbaikannya
  • 3.1.2 Menelaah kelemahan kajian teori pada proposal yang diseminarkan dan memberikan saran perbaikannya
  • 3.1.3 Menelaah kelemahan metode penelitian pada proposal yang diseminarkan dan memberikan saran perbaikannya
  • 3.1.4 Menelaah ketepatan instrumen penelitian
Daftar Pustaka:
  • 1. Djaali & Pudji Mujono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta.
  • 2. Iqbal Hasan. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
  • 3. Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • 4. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  • 5. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.
  • 6. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  • 7. Suharsimi Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
  • 8. Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.