Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas pemilihan dan merumuskan masalah penelitian atau tujuan penelitian atau memaparkan fokus penelitian; pendekatan penelitian; teori penelitian; metode penelitian; penulisan rancangan (proposal) penelitian, dan telaah laporan penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memilih dan merumuskan masalah penelitian atau tujuan penelitian atau memaparkan fokus penelitian secara tepat
  • 2. Memilih pendekatan penelitian secara tepat;
  • 3. Memilih teori secara tepat serta memaparkannya secara jelas dan sistematis
  • 4. Memilih metode penelitian secara tepat dan memaparkannya secara jelas dan operasional;
  • 5. Menyusun rancangan penelitian secara tepat;
  • 6. Menilai laporan penelitian secara tepat dan fungsional.
Daftar Pustaka:
  • 1. A. Muri Yusuf. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group
  • 2. Nana Syaodih Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • 3. Rukaesih A. Maolani. 2016. Metodologi PenelitianPendidikan. Depok: Depok: Rajawali Press.
  • 4. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  • 5. Suharsimi Arikunto. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  • 6. Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  • 7. Sumadi Suryabrata. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada
  • 8. Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada