Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah pengembangan pembelajaran dan sumber belajar berbasis virtual mengkaji secara kritis bahan ajar dan pembelajaran geografi eksisting sebagai dasar pengembangan bahan ajar dan sumber belajar geografi berbasis virtual, membuat desain pengembangan, melakukan uji coba, validasi, dan revisi, melakukan layout hasil pengembangan dan siap publish
Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengidentifikasi konten pembelajaran geografi di SMA
  • Mampu mengkritisi bahan ajar dan sumber belajar geografi dan menemukan konsep desain pembelajaran geografi
  • Mampu mengembangkan pembelajaran geografi berbasis virtual
  • Mampu mengkomonikasikan hasil pengembangan dan merevisinya
  • Mampu menyusun layout hasil pengembangan dan siap publish
Daftar Pustaka:
  • Arief, R., & Umniati, N. (2012). Pengembangan Virtual Class untuk Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21, 114–122
  • Azilah Ngah, N., & Masood, M. (2006). Development of ICT Instructional Materials based on Needs Identified by Malaysian Secondary School Teachers. Proceedings of the 2006 InSITE Conference. https://doi.org/10.28945/3008
  • Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas Jakarta, 1–13. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf
  • Pramono, M., Yustanti, W., Sukarmin, Sumarno, A., Nudin, S. R., Wibawa, S. C., … Rahardian Bisma. (2015). Pengembangan e - materi virtual learning. Surabaya: Unipress UNESA University
  • Schneider, D. K. (2006). Instructional Design Models and Methods
  • Schneider, D. K. (2014). Educational ( instructional ) design models. Retrieved from http://code.pediapress.com/
  • Schott, F., & M.Seel, N. (2015). Instructional Design. International Encyclopedia of Social and Behavioral Sciences, 12(July 2018), 196–200. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92032-4