Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
B7-PLB
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang Pengertian, fungsi dan manfaat fisioterapi, jenis-jenis fisioterapi, alat-alat fisioterapi, mempraktikkan terapi dengan alat fisioterapi
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh terhadap konsep dasar Bina Gerak (Fisioterapi)
Mahasiswa mengetahui pengetahuan yang utuh mengenai kondisi individu pasien (gangguan sensoris, motoris, vertigo, stroke, koma, trauma kepala, spinal cord injury, penyakit syaraf tepi, penyakit neuromuscular, penyakit degenerative)
Mahasiswa memiliki pemikiran logis, sikap, dan etika dalam melakuluan layanan bina gerak pada Anak Berkebutuhan Khussu
UTS
UAS
Ayusta, Candra Pengertian Penyakit Stroke. (online). (https://ayustaherbal.wordpress.com/tag/pengerian-penyakit-stroke). Diakses pada 02 Februari 2016
Price & Wilson, 2006. Patofisiologi Konsep Klinis Proses Proses Penyakit. Volume 2. Edisi 6. Jakarta: EGC
Zulkarnain, nuzulul. 2011. Askep cerebral plasy. (online. http://nuzulul-fkp09.web.unair.ac.id/artikel_detail-35566-Kep520Neurobehavior-Askep520Cerebral520Pal....
Zaluarga M., Briggs C., et.al. Sports Physioteraphy. Chirchill Livingstone. 1995.
Edi, B.,Manjas M., Riza A., Erkadius.2014.Perbandingan Fungsi Extremitas Atas pada Fraktur etafise Distal Radius Intraartikuler Usia Muda Antara Tindakan Operatif Dan Non Operatif dengan Penilaian Klins Quickdash Score. Volume 3. Edisi 1.
Helmi, ZN. 2012. Buku Ajar Gangguan Muskuloskeletal. Jakarta: Salemba Medika.
Kisner, C dan olby, LA. 2007. Therapeutic Exercise foundation and techniques. 5th edition. Philadepia: F. A. Davis company
Mardiman, S. 2001. Dokumentasi persiapan praktek profesional fisioterapi. Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Depkes RI.
Mason, D. 2013. “Tidy’s Physiotherapy (fifteenth edition), Chapter 13 Exercise In Rehabilitaion”. Churchill Livingstone.
Naryana, S, L. 2005. Textbook Of Therapeutic Exercises. India. Hal 16-29. Diakses tanggal03 Juni 2015. Pukul 19.24. https://books.google.com.pe/books?id=4vUHoezJCIC&dq=active+movement&hl=id&source=gbs_nav...
- Teacher: Sudarsini Dra. , M.Pd