Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
MM-MM
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas mengenai Akuntansi untuk liabilitas jangka pendek, akuntansi untuk Liabilitas jangka panjang, akuntansi untuk saham, akuntansi untuk saham treasuri, akuntansi untuk dividen, akuntansi dana pensiun, akuntansi untuk leasing, akuntansi untuk perubahan memtode akuntansi
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang akuntansi untuk aset tetap, liabilitas dan ekuitas yang berorientasi pada Standar Akuntansi Keuangan dengan memanfaatkan perkembangan pengetahuan dan teknologi. (CPMK1)
  • 2. Mahasiswa secara logis, kritis, sistematis dan inovatif mampu membuat pengakuan, pencatatan dan pengukuran asset tetap, liabilitas dan ekuitas sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dengan memenuhi prinsip-prinsip nilai, norma, etika akademik serta etika bisnis dan profesi akuntan. (CPMK2)
  • 3. Mahasiswa secara mandiri dan analitis mampu menyajikan asset tetap, libailitas dan ekuitas di Laporan Keuangananalitis mampu menyajikan asset tetap, liabilitas dan ekuitas di Laporan Keuangansesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dengan menginternalisasi prinsip-prinsip nilai, norma, etika adademik serta etika bisnis dan profesi akuntan. (CPMK3)
  • 4. Mahasiswa secara mandiri mampu menganalisis dan menginterpretasi kinerja perusahaan sehubungan dengan asset, liabilitas dan ekuitas di Laporan Keuangan sehingga mampu mempresentasikan informasi dan mengemukakan hasil analisisyang berguna bagi pemangku kepentingan dengan berpedoman pada prinsip nilai, norma, etika bisnis dan profesi akuntan. (CPMK4)
Daftar Pustaka:
  • 3) Laporan Keuangan Perusahaan
  • 1) Kieso, Weygandt & Warfield. 2014. Intermediate Accounting – IFRS edition. John Wiley & Sons,Inc: New York-USA.
  • 2) Ikatan Akuntan Indonesia, 2017. Standar Akuntansi Keuangan per 1 Januari 2017. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia dan Salemba Empat