Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
Q-Q
Deskripsi:
Mata Kuliah Etika Bisnis dan Profesi ini memberikan suatu kerangka komprehensif dan pemahaman tentang etika dalam tata interaksi di tempat kerja dengan cakupan pembahasan meliputi: pengertian etika dan moral, etika profesi secara umum, etika dalam dunia bisnis, ukuran sikap dan tindakan (norma) yang baik dan buruk, budaya perusahaan, upaya untuk memiliki dan mengembangkan kepribadian yang menarik.
Capaian Pembelajaran
  • CPMK 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi hakikat dan landasan utama dalam etika dan moral.
  • 2. Mahasiswa mampu memahami perilaku beretika dalam bisnis, mengembangkan pemahaman akan perilaku beretika dalam bisnis, serta mengenal etika dalam pemerintahan.
  • 3. Mahasiswa mampu memahami macam-macam etika dalam tindakan serta memahami berbagai macam pendekatan dalam pengambilan keputusan yang beretika.
  • 4. Mahasiswa mampu memahami macam etika dalam dunia bisnis serta membangun sikap analitik mahasiswa melalui penyampaian contoh kasus di Indonesia, serta direpresentasikan oleh mahasiswa.
Daftar Pustaka:
  • 1. Velasquez, Manuel G. 2002, Business Ethics : Concepts and Cases, Prentice Hall. 2. Dwiantoro, L. & Rumsari. 2006. Etiket di Tempat Kerja. Kanisius: Yogyakarta. 3. Fernanda, D. 2003. Etika Organisasi Pemerintah. Lembaga Administrasi Negara: Jakarta. 4. Kotler, Phillip dan Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. United States