Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Pembahasan dalam perkuliahan mencakup kajian teori dan hasilhasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang relevan dengan permasalahan, pemilihan dan penerapan desain penelitian sesuai permasalahan, dan pemilihan teknik analisis data yang relevan. Mahasiswa melakukan kajian dan analisis artikel-artikel yang dipublikasikan pada jurnal-jurnal internasional bereputasi dan jurnaljurnal nasional terindeks (Sinta 1 dan Sinta 2), baik untuk kajian konseptual maupun hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Dasar. Penugasan pembelajaran berupa telaah artikel terpublikasi, dan pengembangan desain penelitian Pendidikan Dasar yang dituangkan dalam bentuk paparan tertulis, dengan akuntabilitas kepada sejawat mahasiswa melalui presentasi langsung di kelas, dan/atau penggunaan teknologi presentasi dalam jaringan, serta dokumentasi paparan lisan dalam bentuk screen recording dengan berbagai alternatif pilihan aplikasi.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mendeskripsikan hakekat penelitian untuk memperoleh kebenaran, etika penelitian, dan jenis-jenis penelitian pendidikan;
  • Mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah penelitian dalam pendidikan dasar, mengindentifikasi variabel-variabelnya untuk mengembangan masalah penelitian baru.
  • Mahasiswa mampu menganalisis model-model rancangan penelitian-penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan dasar, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan
  • Mahasiswa mampu mengembangkan proposal dan penulisan karya ilmiah dalam bidang pendidikan dasar
Daftar Pustaka:
  • Louis Cohen, Lawrence Manion and Keith Morrison. 2018. Research Methods in Education. Eighth edition. New York: Routledge
  • Creswell, John W. 2009. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. New Delhi: Sage Publication.
  • J O S H U A S C H I M E L. 2012. Writing Science How to Write Papers That Get Cited and Proposals That Get Funded. New York: Oxford University Press.
  • Sarah J, Tracy. 2013. Qualitative Research Methods Collecting Evidence, Crafting Analysis, Communicating Impact. Chichester, West Sussex, UK: John Wiley & Sons, Ltd, The Atrium, Southern Gate.