Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini tergolong mata kuliah intregratif, karena karakter materinyanya merupakan menggabungkan kemampuan penguasaan materi kuliah sebelumnya untuk diterapkan dalam satu bidang keahlian tertentu, matakuliah dimaksud adalah yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan. Mata kuliah ini diharapkan memberi kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami studi kelayakan bisnis dan penerapannya dalam kehidupan praktis. Perkuliahan ini secara umum membahas berbagai tahapan dan aspek dalam studi kelayakan bisnis, serta menganalisis kelayakan suatu rencana bisnis dilihat dari berbagai aspek antara lain: aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan operasi, aspek manajemen, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial dan politik, aspek hukum dan lingkungan hidup, dan mengevaluasi layak atau tidaknya suatu rencana bisnis berdasarkan kreteria tertentu yang ditetapkan.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mengidentifikasi peluang bisnis di lingkungan
  • 2. Dapat membedakan berbagai jenis bisnis yang memerlukan studi kelayakan
  • 3. Mengkaji kelayakana rencana bisnis dari aspek Manajemen Pemasaran, aspek teknis , Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan
  • 4. Dapat menyusun studi kelayakan bisnis berdasarkan aspek-aspek aspek Manajemen Pemasaran, aspek teknis , Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan
Daftar Pustaka:
  • Agung Winarno (2005) Diktat bahan ajar Studi Kelayakan Bisnis (RUJUKAN UTAMA) Suharto, Iman (1995), Manajemen Proyek dari konseptual sampaioperasional, Jakarta, Erlangga Umar, Husein (2001)Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Utama H.M Jacob Ibrahim. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Kasmir, Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Rangkuti, Fredy. 2003. Business Plan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Suliyanto. 2009. Studi Kelayakan Bismis. Edisi 2, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama