Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
PLP-MBKM
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan tujuan Bimbingan dan Konseling (BK) Pribadi-Sosial; hubungan BK Pribadi-Sosial dengan BK Belajar dan BK Karir; menjelaskan karakteristik, potensi/kecakapan peserta didik bidang pribadi sosial yang meliputi aspek perkembangan hidup religius, perilaku etis, emosi, kematangan intelektual, kesadaran tanggung jawab sosial, kesadaran gender, pengembangan pribadi, hubungan dengan teman sebaya dan kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga; serta dapat menganalisis kebutuhan peserta didik serta menentukan dan menerapkan strategi layanannya melalui BK Pribadi Sosial

  • Mahasiswa mampu mengembangkan layanan/materi BK Pribadi Sosial dan menerapkan metode/teknik bimbingan pribadi sosial kepada peserta didik.

Daftar Pustaka:
  • Bandura, A. (1995). Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.

  • Cartledge, G & Milburn, J. F. (1980). Teaching Social Skills to Children. USA: Pergamon Press Inc.

  • Damayanti, N. (2015). Pengembangan Panduan Keterampilan Menyusun Perencanaan Hidup dengan Startegi Stuctured Learning Approach (SLA) untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

  • Depdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di SMP

  • Depdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di SMA

  • Depdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di SMK

  • Karpman, S.B. (2014). A Game Free Life. Drama Triangle Publications.

  • Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (Vol. 1). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

  • Paul, R., Elder, L. (2006). The Art of Socratic Questioning. Foundation for Critical Thinking.

  • Raths, L.E.,. Harmin, M., & Simon, S.B. (1978). Values and Teaching 2nd ed. Columbus, OH: Charles E. Merrill

  • Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

  • Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill Education

  • Simon, S.B., Howe, L.W., & Kirschenbaum, H. (1972). Values Clarification: A Handbook of Practical Strategies for Teachers and Students. New York: Hart Publishing

  • Sujatmika, N. (2013). Pengembangan Paket Pelatihan untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri dengan Strategi Structured Learning Approach (SLA) di SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.