Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B9-B9
Deskripsi:

Matakuliah ini berisi kajian tentang hakikat guru; kompetensi guru PAUD yang profesional dan efektif; penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam program pembinaan dan pengembangan guru PAUD yang profesional; sikap, etika, dan moral sebagai guru PAUD yang profesional, menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan sebagai guru PAUD profesional; mengkaji pengetahuan tentang guru PAUD profesional melalui observasi di lembaga PAUD.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai paradigma profesi keguruan yang meliputi konsep guru, karakteristik Guru sebagai Profesi, Tugas, Kewajiban dan Hak Guru sebagai Profesi, serta organisasi guru

  • Memiliki kemampuan menganalisis kompetensi guru PAUD profesional dan efektif.

  • Memiliki kemampuan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru PAUD.

  • Memiliki sikap, moral dan etika sebagai guru PAUD yang profesional .

  • Terampil menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan sebagai guru PAUD profesional.

  • Terampil mengkaji pengetahuan tentang guru PAUD profesional melalui observasi guru di lembaga PAUD

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • DePorter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

  • Djumiran. 2009. Pendidikan Profesi Guru untuk Mahasiswa PGSD. Jakarta: Depdiknas, Ditjendikti.

  • Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia.

  • Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia.

  • Kosasih, R. 2010. Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta

  • Iriyanto, Tomas. Pengembangan Profesi Pendidik PAUD. Malang. Prodi PG PAUD FIP UM (Dana Hibah Prodi)

  • Irwanto Nur & Suryana Yusuf. 2016. Kompetensi Pedagogik. Surabaya: Genta Group Production.

  • Kaufeldt, Martha. 2008. Wahai Para Guru, Ubahlah Cara Mengajarmu. Jakarta: Indeks

  • Parkay, W. Forrest. 2011. Menjadi Seorang Guru. Jakarta: Indeks.

  • Permendikbud 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD