Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini akan membekali mahasiswa untuk memahami konsep-konsep dan fenomena psikologi belajar gerak dalam pembelajaran pendidikan olahraga. Mengkaji taksonomi tujuan dan belajar gerak. Analisis dilakukan terhadap persoalan-persoalan belajar gerak dalam proses pembelajaran dan asumsi-asumsinya tentang perilaku orang yang belajar gerak.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan gerak anak
  • Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan anak dan memanfaatkan dalam pembelajaran pendidikan olahraga
  • Mahasiswa dapat menjelaskan tahap-tahap belajar gerak
  • Mahasiswa dapat menjelaskan konsep belajar gerak terbuka dan tertutup
  • Mahasiswa dapat menjelaskan gerak dasar lokomosi, non lokomosi dan manipulasi
  • Mahasiswa dapat menjelaskan close loop dan open loop theory
Daftar Pustaka:
  • Edwards, W.H., 2010. Motor learning and control: From theory to practice. Cengage Learning.
  • Gollhofer, A., Taube, W. and Nielsen, J.B. eds., 2013. Routledge handbook of motor control and motor learning. Routledge.
  • Haibach, P., Reid, G. and Collier, D., 2017. Motor Learning and Development 2nd Edition. Human Kinetics.
  • Haibach, P.S., Collier, D.H. and Reid, G., 2011. Motor learning and development. Champaign, IL: Human Kinetics, c2011. xviii, 405 p.: illustrations; 29 cm..
  • Haywood, K.M. and Getchell, N., 2019. Life span motor development. Human kinetics.
  • Herman, S.L., 2012. Understanding Motor Controls. Cengage Learning.
  • Renshaw, I., Davids, K. and Savelsbergh, G.J. eds., 2010. Motor learning in practice: A constraints-led approach. Routledge.
  • Schmidt, R.A. and Lee, T.D., 2014. Motor learning and performance: From principles to application (5th éd.). Champaign, IL: Human Kinetics.
  • Schmidt, R.A. and Lee, T.D., 2018. Motor control and learning: a behavioral emphasis. Champaign. IL: Human Kinetics, pp.227-266.
  • Utley, A., 2018. Motor control, learning and development: Instant notes. Routledge.