Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
a. Analisis dan pembuatan kebijakan pendidikan dasar dari perspektif politik, sosial, budaya, ekonomi, kesamaan hak, penelitian, otonomi daerah, dan kualitaS b. Kepemimpinan dan Manajemen yang meliputi perubahan organisasi, sumber daya pendidikan, aspirasi guru dan masyarakat, penjaminan mutu, kewirausahaan, hubungan satuan pendidikan dengan orang tua, dan penggunaan data dalam tata-kelola dan pembelajaran pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami berbagai kerangka dan alat untuk menganalisis kebijakan pendidikan dasar.
  • Menjelaskan proses analisis sistematis terhadap isu-isu kebijakan pendidikan dasar pada tingkat lokal, regional, nasional dan internasional, dan menerapkan kerangka dan instrumen umum untuk menganalisisnya.
  • Mengartikulasikan dan menginterpretasi pandangan-pandangan yang saling bertentangan mengenai kebijakan kunci bidang pendidikan dasar dan berbagai perdebatan antara pandangan-pandangan tersebut.
  • Menganalisis dan menilai kualitas berbagai analisis kebijakan yang dipublikasikan.
  • Melakukan analisis menyeluruh terhadap isu kebijakan pendidikan dasar yang ditentukan.
  • Menulis dan mempresentasikan berbagai tantangan, alternatif dan usulan solusi terhadap permasalahan kebijakan, termasuk menggunakan bukti-bukti empirik untuk memperkuat pandangan yang berkaitan dengan kemungkinan dampak dan hasil dari kebijakan tersebut.
  • Melakukan refleksi dan menghargai berbagai sudut pandang, nuansa kontekstual dan keterbatasan proses pembuatan kebijakan.
  • Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman mendalam tentang pengertian kebijakan dan hubungannya dengan kekuasaan.
  • Mahasiswa mampu memahami dan pentingnya kemampuan menganalisis kebijakan pendidikan dasar.
  • Mahasiswa mampu mengartikulasikan pemahaman tentang berbagai kerangka dan unsur analisis kebijakan pendidikan dasar.
  • Mengartikulasikan dan menginterpretasi pandangan-pandangan dalam berbagai perspektif kebijakan kunci bidang pendidikan dasar dan berbagai perdebatan antara pandangan-pandangan dari dimensi;
  • Mahasiswa mampu menerapkan kerangka dan instrumen yang tepat dalam menganalisis kebijakan pendidikan.
  • Mahasiswa mampu menganalisis implementasi dan mengevaluasi kebijakan dasar.
  • Menganalisis kecenderungan kebijakan Pendidikan melalui teknologi dan data.
  • Mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan menganalisis model-model kerangka organisasi pendidikan dasar).
  • Mahasiswa mampu merefleksi, mengapresiasi, membuat karya tulis, dan mempresentasikan sudut pandang, nuansa kontektual dan keterbatasan kebijakan dan proses pembuatannya.
Daftar Pustaka:
  • Alexander, Nicola A. (2013). Policy analysis for educational leaders a step-by-step approach. Boston: Pearson
  • Bardach, E. & Patashnik, E. (2016). A practical guide for policy analysis: The eightfold path to more effective problem solving, 5th edition. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
  • Bolman, L. G. & Deal, T. E. (2008). Reframing organizations: Artistry, choice, and leadership. (4th ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.
  • Stone, D. (2012). Policy paradox: The art of political decision making, 3rd Edition. New York: Norton.
  • Bell, Les & Stevenson, Howard. 2006. Education Policy: Process, Themes and Impact. London: Routledge.
  • Duggan, Shane B.. 2019. Education Policy, Digital Disruption and the Future of Work. Melbourne: Palgrave Macmillan
  • Fowler, Frances C. 2014. Policy Studies for Educational Leaders: An Introduction. Fourth Edition. Harlow: Pearson Education Limited
  • Papa, Rosemary & Armfield, Shadow W. J. 2018. The Wiley Handbook of Educational Policy. Medford: John Wiley & Sons, Inc.