Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
FF-FF
Deskripsi:

  Mahasiswa mampu berfikir logis dan kritis dalam memecahkan masalah di lapangan untuk memberi solusi dalam penciptaan media promosi inovatif dengan memperhatikan kekuatan strategi kreatif, yang menjual, pencerahan (enlighten), mengejutkan (ashtonish), dan disukai (lovely) target khalayak.


Capaian Pembelajaran
  • Menentukan gagasan dalam memecahkan masalah tentang Kreatif Media.

  • Menggali ide Kreatif Media yang memiliki fungsi informasi, komunikasi, dan promosi produk, jasa, dan sosial.

  • Merancang Kreatif Media berbasis budaya Nusantara yang memiliki ROI: Relevant, Original, Impact.

  • Merancang Kreatif Media berdasarkan unsur dan prinsip desain dengan memperhatikan kode etik perancangan.

  •   Memiliki kemampuan berkomunikasi secara personal dalam menginformasikan dan mempresentasikan karya Kreatif Media yang dirancangnya.

Daftar Pustaka:
  • Andrei G, Aleinikov. 2012, Kreativitas Tanpa Batas, Yogyakarta: Imperium.

    Berger, Arthur Asa. 2012, Seeing is Believing an Introduction to Visual Communication. USA: Mc Graw Hill

    Budiman, Arief. 2008, Jualan Ide Segar, Yogyakarta: Galang Press

    Buzan, Tony. 2004, The Power of Creative Intelligence, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

    Clegg, Brian & Paul Berch. 2001, Instant Creativity, Jakarta: Erlangga.

     

    Fraseara, Jirge. 2004, Communication Design, New York: Allworth Press.

    Hackley Chris. 2005, Advertising & Promotion, London: Sage Publications.

    Iswantara, Nur. 2017, Kreativitas: Sejarah, Teori & Perkembangan, Yogyakarta: Gigih Pustaka Mandiri.

    Judkins, Rod. 2017, The Art of Creative Thinking, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Kelley Tom. 2002, The Art of Innovation, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

    Lewis, Pichard W. 1996, Absolut Book, Tokyo: Journey Editions.

    Pujiyanto. 2013, Dialektika Estetik Desain Periklanan, Malang: Surya Pena Gemilang.

    Plus, Philip. 2008, Kiat Menjadi Orang Kreatif, Yogyakarta: Maximus.

    Rusell, J. Thomas, W. Ronald Lane. 2002, Kleppner’s Advertising Procedure. USA: Prentice Hall International.

    Sanosa, Sigit. 2009, Creative Advertising, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

    Sularko, Herdi, Victor N. Pratama, Michael Widranata, How Do They Think?, Jakarta: Mosher.

    Xiamen A, 2004, The AdFest Awards Book, Hongkong: Des Vouex Road Central.