Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
AUD-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang hakikat desain pembelajaran anak usia dini (rasional, landasan, pengertian, prinsip). Analisis kurikulum PAUD. Analisis desain pembelajaran dari berbagai negara. Jenis-jenis desain pembelajaran dan langkah-langkah desain pembelajaran anak usia dini, keterampilan dalam menyusun desain pembelajaran (lesson plan) dan mengadakan validasi desain pembelajaran untuk anak usia dini.
Capaian Pembelajaran
- Pengantar Perkuliahan
- Menguasai landasan, konsep dasar, prinsip perencanaan pembelajaran anak usia dini.
- Mampu menganalisis macam-macam ragam perencanaan pembelajaran.
- Menguasai Kurikulum PAUD
- Mampu menyusun perencanaan pembelajaran sesuai prinsip-prinsip pembelajaran PAUD.
- Mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran PAUD, memvalidasi mengimplementasikan perencanaan pembelajaran AUD
UTS
- UAS
Collins, G & Dixon, H. 1991. Integrated Learning. Australia: Australian Print Group, Maryborough
Dodge, T.D & Colker, J.L. 2001. The Creative Curriculum For Early Childhood. Washington, DC: Teaching Strategies, Inc
Hernawan, H A dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : UPI Press
Jumhana, N & Sukirman. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS
Joyce, B.,Weil, & Calhoun, E. 2009. Models Of Teaching 8th Ed. New Jersey: Pearson Education.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masitoh, dkk., 2005. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas
Mustofa, dkk., 2015. Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran AUD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual berdasarkan Sisko. Jakarta: Grasindo
Nugraha, dkk., 2015. Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Kebudayaan
Seefeldt C & Nita B. 1994. Early Childhood Education. New York: Macmillan
Sutirjo & Sri Istuti, M. 2005. Tematik, Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing
- Teacher: I Wayan Sutama Drs. , M.Pd