Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Obyek dan Prosedur Berfikir Filsafati; Pengertian Olahraga; Hakikat Manusia Bergerak; Hakikat Permainan; Dinamika Nilai Olahraga.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memperoleh pemahaman tentang konsep filsafat (arti, fungsi dan karakteristik), obyek dan prosedur berfikir filsafat untuk digunakan dalam mengkaji masalah olahraga, sehingga makna olahraga mampu dihayati, dimaknai dan dikembangkan, sebagai bahan dalam memecahkan masalah yang ada.
Daftar Pustaka:
  • Adisasmita, H.M. Yusuf. 1989. Prinsip-prinsip Pendidikan Jasmani: Hakekat Filsafat dan Peranan Pendidikan Jasmani dalam Masyarakat. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
  • Anshari, Endang Saifuddin. 1990. Ilmu, Filsafat dan Agama. Surabaya: Bina Ilmu
  • Ateng, Abdulkadir. 1989. Pengantar Asasasas dan Landasan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Rekreasi. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
  • Epistemologi Ilmu Keolahragaan. Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Jasmani dan Olahraga, IKIP BANDUNG, 2223 September 1997.
  • Brooks, G. A. 1981. Perspective on the Academic Discipline of Physical Education. Illinois: Human Kinetic Publisher.
  • Drijarkara, N. 1989.Filsafat Manusia. Yogyakarta: Kanisius
  • Gazalba, Sidi. 1973. Sistematika Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang.
  • Gie, The Liang. 1991. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.
  • Kattsoff, Louis O. 1992. Pengantar Filsafat. Terjemahan oleh Soejono Soemargo. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  • Poedjiadi, Anna. 1987. Sejarah dan Filsafat Sains. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
  • Saifullah, Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
  • Setijadji. tanpa tahun. Prolegomena Filsafat Olahraga. Tanpa penerbit.