Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:
Mahasiswa mampu memahami tentang teori, fungsi teori, perkembangan teori mendasar dalam ilmu komunikasi yang menyangkut organisasi, massa, media, dan budaya, dan perkembangan teori komunikasi pada level intrapersonal, interpersonal, kelompok, organisasi, dan massa.Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (1) memahami teori konsep dasar, dan ruang lingkup ilmu komunikasi, (2) mengidentifikasi dan menelaah masalah-masalah yang terjadi dalam komunikasi,, dan (3) membentuk sikap dan kepekaan dalam proses penyusunan kekeraangka teoritis komunikasi bidang seni dan desain, melalui analisis keterkaitan antara konsep dan teori ilmukomunikasi.
Capaian Pembelajaran
  • mampu paham tentang teori, fungsi teori, perkembangan teori mendasar dalam ilmu komunikasi
  • Paham tentang komunikasi dalam organisasi, massa, media, dan budaya, dan perkembangan teori komunikasi pada level intrapersonal, interpersonal, kelompok, organisasi, dan massa.
  • Menelaah masalah dalam desain komuniaksi visual pelalui pendekatan teori komunikasi
Daftar Pustaka:
  • 1. Abdillah Hana , Memahami Komunikasi Antar manusia, Usaha Nasional, Surabaya, 1998 2. Anwar Ari n, Ilmu Komunikasi, Sebuah Pengantar Ringkas, RajaGra indo Perkasa, 2002 
 3. Dani Vardiansyah, Pengantar Ilmu Komunikasi, Ghalia Indah, 2004. 4. Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosda Karya, 2004. 5. Joseph A. Devito, Komunikasi Antarmanusia, Kuliah Dasar, Professional Books, 1997. 6. Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosda Karya, 2004 7. Onong U E endi, Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktik, Remaja Rosda Karya, 1990.
 8. Saefullah, Ujang. 2007. Kapita Selekta Komunikasi, Pendekatan Budaya dan Agama, Simbiosa Rekatam Media, 9. Sayling Wen, Future of the Media, Lucky Publisher, 2003. 10. Stewart L Tubbs, dan Sylvia Moss. Human Communication, Prinsip-Prinsip Dasar, Buku Pertama, Remaja Rosdakarya, 2001. 11. H. Ha ed Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Raja Grando Perkasa, 2006..