Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:
Matakuliah yang mengkaji dasar teori semiotika yang terimplementasi pada berbagai kasus desain komunikasi visual
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep-konsep dasar semiotika desain
  • Mengkaji studi kasus semiotika pada karya desain komunikasi visual
  • Memiliki kemampuan mengidentifikasi kecenderungan semiotika dalam hubungannya dengan fungsi desain sebagai karya public
Daftar Pustaka:
  • 1. Marcel Danesi, Pesan, Tanda dan Makna (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2010. 2. Stephen W. Littlejohn & Karen A. Foss, Teori Komunikasi (terj), Penerbit Salemba Humanika, Jakarta, 2009. 3. Kaelan, Filsafat Semiotika dan Hermeneutika, Penerbit Paradigma. Yogyakarta, 2009. 4. Sumbo Tinarbuko, Semiotika Komunikasi Visual. Penerbit Jalasutra, Yogyakarta. 2012. 5. Roland Barthes, Elemen-elemen Semiologi (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 6. Harimukti Kridaleksana, Mongon-Ferdinand de Saussure : Peletak dasar Strukturalisme dan Linguistik Modern, Penerbit Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 2005. 7. Alex Sobur, Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotic dan Analisis Framing, Penerbit Rosdakarya, Bandung, 2009. 8. John Fiske, Cultural dan Communication Studies (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2009. 9. Madam sarup, Poststrukturalisme dan Postmodernisme : sebuah Pengantar Kritis (terj), Penerbit Jendela, Yogyakarta, 2004. 10. Yasraf Amir Piliang, Semiotika dan Hypersemiotika, Penerbit Matahari, Bandung, 2012. 11. John Fiske, Memahami Budaya Populer (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2011. 12. Chris Barker, Cultural Studies : Teori dan Praktik, Penerbit Kreasi Wacana, Yogyakarta, 2004. 13. Winfried Noth, Handbook of Semiotic, Indiana University PressBloomington, 1990. 14. Benny H. Hoed, Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya, Penerbit Komunitas Bambu, Jakarta, 2011. 15. St. Sunardi, Semiotika Negativa, Penerbit Kanal, Yogyakarta, 2002. 16. Marcel Danesi, Pengantar Memahami Semiotika Media (terj), Penerbit Jalasutra, Yogyakarta,2010. 17. Arthur Asa Berger, Pengantar Semiotika : Tanda-tanda dalam Kebudayaan Populer, Penerbit Tiara Wacana, Yogyakarta, 2010. 18. Umberto Eco, Teori Semiotika : Signifikansi Komunikasi, Teori Kode serta Teori Produksi Tanda, Penerbit Kreasi Wacana, Yogyakarta, 2011. 19. Kris Budiman, Semiotika Visual : Konsep, Isu dan Problem Ikonisitas, Penerbit Jalasutra, Yogyakarta, 2011