Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
E9-SD2
Deskripsi:

Karakter PKn sebagai Pendidikan Nilai, Norma, dan Moral; Pendekatan tematik teradu dan saintifik dalam pembelajaran di SD; kurikulum yang berlaku di SD; karakteristik siswa SD kelas rendah; pembelajaran Abad 21; Model pendidikan Moral untuk Pembelajaran di Kelas Rendah; Perencanaan Pembelajaran; Peer-Teaching Pembelajaran di Kelas Rendah.


Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis secara kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif muatan nilai, norma, moral dalam kurikulum yang berlaku di SD

  • Menyimpulkan prosedur merancang, mengorganisasi, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan pembelajaran pada pembelajaran PKn di kelas rendah berbasis PAIKEM BATIK

  • Mendesain secara kreatif rencana pembelajaran PKn Kelas Rendah berbasis PAIKEM BATIK.

  • Memerankan peer-teaching pembelajaran PKN kelas rendah berbasis PAIKEM BATIK secara kreatif dan komunikatif

  • UTS dan UAS

Daftar Pustaka:
  • Syarbani, Syahiral, Alirias Wahid, dkk. 2006. Membangun Karakter & Kepribadian melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu.

  • Forgatry, Robin, J. & Pete, B. M. 2009. How to Integrate the Curricula. Corwin Press.

  • Forgatry, Robin, J. & Stoehr, J. 2008. Integrating Curricula with Multiple Inteligences. Corwin Press.

  • Kurikulum Sekolah Dasar.

  • Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

  • Balu H. Athreya & Chrystalla Mouza. Thinking Skills for the Digital Generation. USA: Philadelphia.

  • Hersh, Miller, Fielding. 1980. Models of Moral Education: An Appraisal. New York: Longman, Inc.

  • Permendikbud no 20-24 th 2016