Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
B9-PLS
Deskripsi:

-


Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa menelaah konsep, pengertian dan bentuk-bentuk solidaritas sosial.

  • 2. Mahasiswa menelaah teori solidaritas sosial, kelompok sosial dan interaksi sosial dalam masyarakat.

  • 3. Mahasiswa menelaah komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok dan komunikasi organisasi

  • 4. Mahasiswa menganalisis bentuk-bentuk modal social dalam masyarakat.

  • 5. Mahasiswa menganalisis solidaritas sosial dengan perubahan sosial

  • 6. Mahasiswa menganalisis solidaritas sosial dan partisipasi dalam pembangunan

  • 7. Mahasiswa menganalisis prasangka dan konflik sosial

  • 8. Mahasiswa menganalisis solidaritas sosial dan pendidikan nonformal dan informal serta pemberdayaan masyarakat

Daftar Pustaka:
  • Azra Azyumardi. 2018. Menggapai Solidaritas: Tensi antara
            Demokrasi, Fundamentalisme, dan Humanisme. Jakarta:
            Pustaka Panjimas

  • Marzuki Saleh. 2009. Dimensi-Dimensi Pendidikan Nonformal.
              Malang:FIP UM

  • Duck Steve. 2007. Human Relationship. Fourth Edition.
            London: Sage Publications.ltd

  • Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-Hari. Bandung:
            Remaja Rosdakarya.

  • Kresna Rendra. 2016. Tradisi Patekan dari Negeri Kayangan
              (Tradisi Etnografi Suku Tengger di Desa Ngadas
              Kab.Malang. Malang: Radar Malang

  • Liliweri Alo.2005. Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas
              Budaya Masyarakat Kultural. Yogyakarta: LKIS Pelangi
              Aksara

  • Prastowo Joko. 2010. Belajar dari Masyarakat. Yogyakarta:
              Samudra Biru

  • Sudiapermana Elih. 2013. Pendidikan Nonformal dan Informal.
              Bandung: Edukasia Press.

  • Sudiapermana Elih. 2011. Model Pengukuran Sosial pada
              Pendidikan Nonformal dan Informal. Jakarta: Nagara

  • Soekanto Soerjano. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:
              Radja Grafindo.