Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mahasiswa memperluas dan/atau memperdalam ilmu untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra dalam satuan pendidikan, satuan waktu, dan satuan pelaksanaan pembelajaran dalam kaitannya dengan kurikulum, materi, model, media, dan evaluasi, serta menghasilkan desain pembelajaran bahasa dan sastra yang inovatif sesuai dengan bahasa kedua atau asing yang dikuasai.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis kurikulum atau silabus suatu program pembelajaran bahasa dan sastra.
  • Mampu menganalisis model rancangan pembelajaran bahasa dan sastra dalam satuan pendidikan, satuan waktu dan satuan pelaksanaan pembelajran.
  • Mampu merancang suatu silabus pembelajaran bahasa dan sastra
  • Mampu merancang program pembelajran bahasa dan sastra untuk satuan pendidikan, satuan waktu dan satuan pelaksanaan.
Daftar Pustaka:
  • 1. Brown, J.D. 1995. The Elements of Language Curriculum. Boston: Heinle& Heinle Pub.
  • 2. Drake, S.& Burns, R.C. 2004. Meeting Standards through Integrated Curriculum. Alexandria: ASCD
  • 3. Nation, I.S.P and Macalister. 2010. Language Curiculum Design. New York: Routledge.
  • 4. Krahnke, K. 1987. Approaches to Syllabus Design for EFL.Englewood Cliffs: Prentice-Hall, Inc.
  • 5. Mickan, P. 2013. Curriculum Design and Socialisation. Bristol: Multilingual Matters
  • 6. Piskurich, G.M. 2000. Rapid Instructional Design. San Fransisco: Jossey-bass/Pfeiffer
  • 7. Richards, J.C. and Renandya, W. A. 2002. Methodolgy in Language Teaching. An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press
  • 8. Richards, J.C. 2002. Planning Aims and Objectives in Language Programs. Singapore: SEAMEO Regional Language Center.
  • 9. Richards, J.C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Additional References 10. Farrel, T.S.C. 2002. Planning Lessons for a Reading Class. Singapore: SEAMEO Regional Language Center
  • 11. Field, M. L. 2003. Text Features and Reading Comprehension. Singapore: SEAMEO Regional Language Center
  • 12. Widodo, H.P. et al. 2014. Recent Issues in English Language Education. Solo: UNS Press.