Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:

Kesadaran sejarah dan budaya, keseragaman dan keberagaman budaya, berbagai teori mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terbentuknya budaya dan perkembangannya, silang budaya pada masa kerajaan tradisional, kesultanan, kolonial, pergerakan kebangsaan, pasca-kemerdekaan, dan masa sekarang.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menghayati dan memiliki kesadaran sejarah dan budaya
  • Mampu mengidentifikasi dan menghargai keseragaman dan keragaman budaya di Indonesia secara teliti dan kritis
  • Mampu menganalisis secara kritis berbagai teori mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terbentuknya budaya dan perkembangannya
  • Mampu menganalisis silang budaya di Nusantara sejak zaman prasejarah hingga terjadi kontak budaya luar baik pada zaman kerajaan tradisional, kesultanan, koloniel, pergerakan kebangsaan, pasca kemerdekaan, dan masa sekarang melalui proses difusi, akulturasi, dan kreativitas budaya (local genius) serta mempresentasikannya secara kreatif
Daftar Pustaka:
  • Gelderen Robert H. 1982. Conception State and Kingship in South East Asia. Terj.Deliar Noer. Jakarta Rajawali
  • Holt, C. 1967. Art in Indonesia Continuities and Change.New York: Cornell University Press
  • ______. 2001. Seni Pertunjukan dalam Masyarakat Indonesia. Jakarta: Grafiti Press.
  • AAI. 1987. Estetika dalam Arkeologi Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian
  • Lombard, D. 1999. Nusa Jawa Silang Budaya Jilid I-II-III. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
  • Mc Gregor,Kathryn. 2007. History in Uniform. Singapore: ISEAS
  • Soekmono. R. 1999. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia I, II dan III. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
  • Paeni,M. dkk.2009. Sejarah Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Rajawali
  • Wolf. Eric 2002. Europe and The People without History. Oxford: Oxford University Press
  • Ibrahim, S., & Lutfi, I. (2002). Pemetaan profil wisata budaya Kabupaten Malang. Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Malang, Lembaga Penelitian.