Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
MB2-TEP
Deskripsi:
Matakuliah komunikasi pendidikan merupakan matakuliah untuk mengembangkan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola komunikasi pembelajaran secara teoritik dan praktik, Sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman belajar bagaimana mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan mengevaluasi keilmuan Komunikasi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar komunikasi, meliputi : definisi komunikasi dan dinamika perumusannya, ruang lingkup komunikasi antar manusia (human relations)
  • Mampu menjelaskan teori komunikasi beserta ragamnya
  • Mampu menjelaskan tipe-tipekomunikasi yang meliputi: 1). komunikasi intrapersonal, 2). komunikasi interpersonal, 3). komunikasi kelompok, 4). komunikasi massa, 5). komunikasi organisasi.
  • Mampu menjelaskan konsep komunikasi pendidikan (educational communication)
  • Mampu menjelaskan keterkaitan dan relevansi bidang komunikasi dengan bidang teknologi pendidikan.
  • Mampu mensimulasikan kegiatan komunikasi kelompok, meliputi : focus group discussion, simposium, seminar, panel discussion, public speaking
Daftar Pustaka:
  • Bungin, Burhan. 2009. SosiologiKomunikasi. Jakarta: KencanaPrenada Media
  • Darmawan, Deni. 2015. Komunikasi Pendidikan. Perspektif Bio-Komunikasi. Bandung: RemajaRosdakarya
  • Littlejohn, Stephen W; and Foss, Karen A. 2005. Theories of Human Communication. 8th Edition. Belmont, California: Wadsworth/Thomas Learning
  • Miller, Katherine. 2005. Communication Theories: Perspectives, Processes, and Contexts. 2nd Edition. Boston : Mc Graw-Hill
  • Werner, J. Severin; and James, Tankard Jr. 2008. TeoriKomunikasiMassa. Jakarta: KencanaPrenada Media Group
  • DeVito, J. 1994. Human Communications. Basic Concepts. New York: McGraw Hill
  • Rakhmat, Djalaluddin. 1995. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Rosdakarya
  • Miarso, Yusufhadi. 2010. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media