Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A2B-TEP
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Menguasai dasar-dasar dan asas filsafat
  • Mampu menguasai filsafat pendidikan sebagai sistem
  • Mampu menganalisis hubungan antara masyarakat, kebudayaan dan pendidikan
  • Mampu menganalisis problem filosofis dalam pengembangan masyarakat, kebudayaan dan pendidikan
  • Mampu menguasai hakikat kenyataan, pengetahuan, dan nilai dalam hubungannya dengan pengembangan pendidikan
  • Analisa Filosofis tentang hakikat manusia dalam hubungan pengembangan pendidikan
  • UTS
  • Menguasai etika profesi dalam meelaksanakan tugas sebagai pendidik (sesuai dengan bidang studi masing-masing)
  • Menguasai teori dan aliran filsafat pendidikan (sesuaikan dengan bidang studi)
  • Menguasai keterampilan menganalisis problem filosofis pendidikan PAUD (konselor, pelatih, guru, atau pendidik masyarakat)
  • Menguasai ajaran filsafat pendidikan Pancasila (sesuai bidang studi masing-masing)
  • Menganalisis problem pendidikan nasional berdasarkan filsafat pendidikan nasional (sesuai bidang studi masing-masing)
Daftar Pustaka:
  • Samawi, A. 2018. Filsafat Pendidikan di Era Digital. Malang: UM Press
  • Noor Syam.dkk. 2007. Filsafat Pendidikan. FIP UM
  • Journal The Theory of Education, Volume 5
  • Bird, A. 2000. Philosophy of Science (fundamental of philosophy series). London: University College London (UCL)
  • Gutek. L. 1988. Philosphical and Ideological on Education Perspectives. New Jersey: Prentice Hall Inc.
  • Hunnex, M.D. 1995 Chronological and Thematical Charts of Philosophies and Philosophers. Michigan: Academic Books, Zondervan Publishing House
  • Noorsyam, M. 1988. Filsafat Pendidikan dan Dasar-Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional
  • -------, 2000. Penjabaran Filsafat Pancasila dalam Filsafat Hukum Sebagai Landasan Pembinaan Sistem Hukum Nasional. (Disertasi, edisi II). Malang: Laboratorium Pancasila UM
  • ------, 2006. Filsafat Ilmu. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Samawi, A. 1999. Dialektika Paradigmatik Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan. Malang: FIP UM
  • ------, 2001. Pandangan Hedonisme tentang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan. Malang: FIP UM
  • ------, 2018. Filsafat Pendidikan di Era Digital. Malang: UM Press
  • Mulyana, D. dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosda Karya
  • Tilaar, 2004. Multikulturalisme. Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta
  • -----, 2004. Multicultural in South Asia and Indonesia, Jakarta: Jurnal Antropologi
  • Toen Liou. AJE. 2014. Teori dan Filsafat Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan