Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A21-TEP
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memperdalam dan memperluas pemahaman mahasiswa tentang karakteristik pebelajar di era digital, era big Data, dan era disrupsi teknologi yang akan melandasai pengembangan keilmuan dan praktek teknologi pembelajaran. Kajian konseptual, teoritis, dan filosofis terkait model-model belajar dan pembelajaran mutakhir pada kenyataannya akan dilandasi kerangka berpikir psikologi teknologi pembelajaran Melalui kegiatan mencari dan mensitesa artikel, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan teknologi untuk belajar. (KU-9) Teori-teori pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan bidang teknologi pendidikan; problematika teknologi pendidikan dan model-model desain dan produk pengembangan teknologi pendidikan atas hasil-hasil penelitian mutakhir pada jurnal bereputasi untuk menyusun gagasan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran, peningkatan performa dan kinerja belajar secara berkelanjutan.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis karakteristik pebelajar generasi digital
  • Menganalisis kekhasan pebelajar era dirupsi
  • Mengevaluasi pembelajaran teknologi pembelajaran berdasarkan karakteristik pebelajar yang sesuai
Daftar Pustaka:
  • Molenda, S.E., Lowther, DL., & Mims, C., 2019. Instructional Technology and Media for Learning (12td edition), USA: Pearson Education Inc
  • Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology. 5th Edition.New York: McGraw-Hill Companies,
  • Schunk, D.H. (2012). Learning Theories : An Educational Perspective. Sixth Edition. Boylston Street, Boston, MA: Allyn & Bacon.
  • Slavin (2006). Educational Psychology: teoritical and practices.