Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
RR-RR
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar , pengakuan, pencatatan, dan penyajian transaksi akuntansi keuangan perusahaan dagang dan jasa serta membuat laporan keuangan perusahaan dagang dan jasa.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa menguasai konsep, lingkup dan prinsip-prinsip dasar akuntansi keuangan untuk perusahaan dagang dan perusahaan jasa sehingga memiliki pemahaman fundamental yang memadai tentang prinsip akuntansi keuangan dan perbedaannya di jenis perusahaan yang berbeda (CPMK 1)
  • 2. Mahasiswa secara logis, kritis, kreatif, analitis sistematis dan inovatif membuat pengakuan, pencatatan dan penyajian transaksi perusahaan jasa dan dagang dan berpegang teguh pada etika profesi sehingga mampu menciptakan laporan keuangan yang wajar dan tidak bias (CPMK 2)
  • 3 . Mahasiswa secara analitis mampu membuat Laporan Keuangan untuk perusahaan jasa dan dagang berdasarkan standar akuntansi yang berlaku serta dengan menjunjung tinggi etika profesi akuntan (CPMK 3)
Daftar Pustaka:
  • Weygandt, Jerry J., Donald E. Kieso & Paul D. Kimmel, 2013, Financial Accounting – IFRS Edition, John Wiley & Sons,Inc: New York-USA (REF1)
  • Ikatan Akuntan Indonesia, 2017. Standar Akuntansi Keuangan 2017-efektif per 1 Januari 2017. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia dan Salemba Empat (REF2)