Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas antara lain meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian kuantitatif (deskriptif, eksperimen, kausal komparatif, korelasional). Disamping itu pula dibahas prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan. Beberapa topik yang dibahas antara lain: landasan teoritik dan filosofi, rancangan, dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian. Materi juga akan membahas penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran pendidikan olahraga. Topik yang dibahas antara lain meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, hipotesis tindakan penelusuran kepustakaan, alternatif pemecahan, langkah-langkah (siklus penelitian) dan penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian pendidikan olahraga, kualitatif dan tindakan pendidikan olahraga.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang konsep-konsep dasar, teori dan prinsip-prinsip metologi penelitian dalam pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan terampil menerapkan rancangan penelitian dalam pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengomunikasikan hasil penelitian pendidikan olahraga bentuk artikel secara mandiri.
Daftar Pustaka:
  • Baumgartner, T.A. & Hensley, L.D. 2006. Conducting and Reading Research in Health and Human Performance. 4th. Santiago: McGraw Hill Companies
  • Baumgartner, T.A. & Hensley, L.D. 2006. Conducting and Reading Research in Health and Human Performance. 4th. Santiago: McGraw Hill Companies
  • Cresswell, J.W. 2009. Research Design Qualitatif, Quantitatif and Mixed Methods Approachs. Third Edition. California: SAGE Publications
  • Cresswell, J.W. 2009. Research Design Qualitatif, Quantitatif and Mixed Methods Approachs. Third Edition. California: SAGE Publications
  • Dasna, I.W., & Fathan, A. 2009. Penulisan Tindakan Kelas & Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15 UM
  • Djuddin, T. 2013. Statistika Parametrik. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Ghony, M.D. & Almanshur F. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
  • Gratton, C., & Jones, I. 2004. Research Methods for Sport Study. London: Rout-ledge Taylor and Francis Group
  • Heryanto, N. 2017. Statistika Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Hyllegard, R., Mood, D.P., & Morrow. 1996. “Interpreting Research in Sports and Exercise Science. Philadelphia: Mosby
  • Johnson, R.A., & Wichern, D.W. 1992. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice Hall
  • Kadir. 2018. Statistika Terapan. Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/ Lisrel dalam Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada
  • Lacy. A.C. 2011. Measurement & Evaluation in Physical Education and Exercise Science. Montreal Toronto: Benjamin Commings
  • Moleong, L.J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
  • Moleong, L.J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
  • Montgomery, D.C. 1997. Design and Analysis of Experiments. 5th . Toronto: John Wiley &Sons, INC
  • Munandir, 1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan. Jakarta: Ditjen. Dikti Departeen Pendidikan dan Kebudayaan
  • Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia
  • Nazir, M. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia
  • Newell, J.; Aitchison, T. & Stanley G. 2010. Statistics for Sports and Exercise Science. A Practical Approach. Toronto: Prentice Hall