Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A1-MP
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pembelajaran (sejarah, prinsip, sifat, fungsi) dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pembelajaran, faktor-faktor penunjang dan kendalanya untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pendidikan
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis model supervisi pendidikan
  • Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis pendekatan supervisi pendidikan
  • Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor penunjang implementasi implementasi supervisi pendidikan di lapangan yang menggunakan model dan pendekatan supervisi tertentu
  • Mahasiswa mampu menganalisis implementasi supervisi pendidikan di lapangan yang menggunakan model dan pendekatan supervisi tertentu
  • Mahasiswa terampil membuat perancangan pelaksanaan program supervisi pendidikan berdasarkan analisis faktor penunjang dan hambatan di satuan pendidikan
  • Mahasiswa terampil melakukan pengembangan pelaksanaan program supervisi pendidikan berdasarkan analisis faktor penunjang dan hambatan di satuan pendidikan
  • Mahasiswa terampil membuat dan melakukan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pendidikan berdasarkan analisis faktor penunjang dan hambatan di satuan pendidikan
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Alma, B. dkk. 2104. Guru Profesional: Menguasai Metode & Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
  • Benard, J.M., & Goodyear, R.K. 2009. Fundamentals of Clinical Supervision. 5th Edition. Upper Saddle River: Pearson
  • Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan & Pengajaran: Konsep, Pendekatan, Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Rosindo
  • Glickman, C. D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J.M. 2016. Supervision and Instructional Leadership: a Developmental Approach. 9th Edition. Boston: Ally and Bacon, Inc.
  • Hariprasetya, I., Wiyono, B.B., Imron, A., Arifin, I. 2016. The Relationship of Academic Supervision, Educational Profession Insentive And Teacher Competence With Teacher Performance At The Performing Middle Scools In Malange, East Java, Indonesia. Journal of Social Science. Journal of Social Science. http://centreofexcellence.net/J/JSS/Vol5/No4/JSSarticle11,5_4_pp595-605.pdf