Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
PS-A
Deskripsi:
Pembelajaran matakuliah ini menerapkan pendekatan inkuiry dengan segala ikutannya. Materi pokok pembelajaran meliputi: 1). Sifat dan tujuan IPS-EKonomi; 2) Perencanaan kurikulum IPS-EKonomi;3) produk pembelajaran inkuiry sosial: fakta, konsep, generalisasi dan teor -EKonomi i; 4) berpikir tingkat tinggi melalui pertanyaan2; 5) Skill, isu2 dan material dalam pembelajaran; serta secara khusus 6) membahas tentang struktur, konsep2 dan strategi ilmu ekonomi dengan berfokus pada kajian tentang: problema ekonomi, sistem dan tujuan ekonomi, perkembangan kegiatan ekonomi, analisis ekonomi, konsep, generalisasi, serta pendidikan ekonomi di sistem persekolahan dan strategi pembelajarannya.
Capaian Pembelajaran
  • Mata kuliah Kajian IPS Ekonomi Pendidikan Dasar, bertujuan mengajarkan mahasiswa untuk menjadi warga negara yang efektif, bisa memberi kontribusi terhadap kebijakan publik dalam negara demokrasi, (dalam NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945).
Daftar Pustaka:
  • Banks, J. A., & Clegg, A. A. (1973). Teaching strategies for the social studies: Inquiry, valuing, and decision-making. Addison-Wesley Publishing Company
  • Ross, E. W. (2014). The social studies curriculum: Purposes, problems, and possibilities. Albany: State University of New York Press
  • NCSS. (2017). National Council for the Social Studies National Standards for the Preparation of Social Studies Teachers
  • Parker, W.C. (2014). Social Studies in Elementary Education
  • Zarillo, J. J (2012). Teaching Elementary Social Studies : Principles And Applications
  • Stone. R (2008). Best Practices For Teaching Social Studies: What Award-Winning Classroom Teachers Do
  • Sapriya. 2017. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  • Astawa, Ida Bagus Made. 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Press.
  • Nasution. 2011. Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press