Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

Ruang lingkup kajian sejarah keluarga dan kepribadian di Nusantara; metodologi dan historiografi sejarah keluarga; genealogi; relasi gender dalam keluarga dari masa ke masa; kedudukan dan interaksi anggota keluarga dari masa ke masa; proses pembentukan kepribadian dalam keluarga dari masa ke masa; keluarga dalam arus globalisasi.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis ruang lingkup kajian keluarga dan kepribadian dalam sejarah di Nusantara.

  • Mampu menelaah genealogi, relasi gender dalam keluarga, kedudukan dan interaksi anggota keluarga, pembentukan kepribadian dalam keluarga di Nusantara dari masa ke masa serta mempresentasikannya.

  • Mampu menyusun historiografi keluarga di Nusantara secara teliti dan jujur dengan memanfaatkan metodologi sejarah.

  • Mampu merefleksikan kajian keluarga dan kepribadian di Nusantara untuk memahami realitas keluarga di arus globalisasi.

Daftar Pustaka:
  • Boss,P., Doherty, W.J., LaRossa, R., Schumm, W.R., & Steinmetz, S.K. (Eds). 2009. Sourcebook of Family Theories and Methods: A Contextual Approach. New York: Springer.

  • Burke, P. 2015. Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

  • Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

  • Puspitawati, H. 2012. Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita di Indonesia. Bogor: IPB Press.

  • Puspitawati, H., & Fahmi, S. A. (2008). Analisis Pembagian Peran Gender pada Keluarga Petani. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 1(2), 131-140.

  • Rosof, P. 1985. Family History. Haworth: The Haworth Press Inc.