Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memperluas dan memperdalam pemahamannya tentang teknologi pendidikan mutakhir, berbagai konsep, teopri, filosofi belajar, dan model-model belajar dan teknologi pendidikan mutakhir, dan kerangka berpikir untuk mengimplementasikan dan menganalisis elemen-elemen pokok suatu desain atau hasil pengembangan teknologi pendidikan melalui kegiatan mencari, mengkaji, dan mensitesa artikel-artikel hasil penelitian terkait isu-isu tersebut. Melalui kegiatan mencari dan mensitesa artikel, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan teknologi untuk belajar. (KU-9) Teori-teori pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan bidang teknologi pendidikan; problematika teknologi pendidikan dan model-model desain dan produk pengembangan teknologi pendidikan atas hasil-hasil penelitian mutakhir pada jurnal bereputasi untuk menyusun gagasan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran, peningkatan performa dan kinerja belajar secara berkelanjutan.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti perkembangan teknologi pendidikan secara menyeluruh
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti problematika teknologi pendidikan dan pembelajaran berdasarkan teori dan filosofi belajar dan pembelajaran yang telah dan sedang berkembang
  • Menganalisis dengan cermat dan teliti problematika teknologi pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil-hasil penelitian mutakhir
  • Menyusun gagasan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil analisis masalah teknologi pendidikan secara transdisiplin, inovatif dan menggunakan pola pemikiran ilmiah dan etika professional yang dapat dipertanggungjawabkan.
Daftar Pustaka:
  • Molenda, S.E., Lowther, DL., & Mims, C., 2019. Instructional Technology and Media for Learning (12td edition), USA: Pearson Education Inc.