Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Dalam matakuliah ini mahasiswa mengkaji berbagai teknik asesmen untuk menunjang pembelajaran dan penelitian. Materi penrkuliahan mencakup penilaian autentik dengan tes dan non tes. Dalam teknik tes dibahas bentuk-bentuk pertanyaan yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi dasar dan indikator yang telah ditetapkan; penilaian kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir kreatif, serta aspek-aspek lain terkait pembelajaran fisika. Pada teknik non tes akan dibahas antara lain wawancara, observasi, portofolio, jurnal, simulasi, studi kasus, penilaian diri (self assessment), dan skala rating (rating scales). Selanjutnya mahasiswa juga berlatih mengkomunikasikah hasil hasil penilaian dalam berbagai bentuk termasuk dalam karya ilmiah.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis konsep dasar penilaian othentic untuk mengembangkan assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning dalam pembelajaran fisika.
  • Mampu mengembangkan bentuk-bentuk pertanyaan tes penguasaan konsep fisika sesuai dengan kompetensi dasar, indikator dan tujuan yang telah ditetapkan.
  • Mampu menganalisis penilaian kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir kreatif terkait pembelajaran fisika.
  • Mampu mengembangkan bentuk-bentuk penugasan non tes sesuai dengan kompetensi dasar, indikator dan tujuan yang telah ditetapkan
Daftar Pustaka:
  • Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman.
  • Enger, Sandra K. dan Yager, Robert E. 2001. Assessing Student Understanding Science. Thousand Oaks, California: Corwin Press. Inc.
  • Doran, R., Chan, F. dan Tamir, P. 1998. Science Educator’s Guide to Assesment. Arlington, Virginia: National Science Teachers Association.
  • Gronlund, N.E.1995. How to Write and Use Instructional Objectives. New Jersey: Englewood Cliffs.
  • Johnson, Robert L. 2009, Assessing performance : designing, scoring, and validating performance, Guilford press, New York
  • Hart, D. 1994. Authentic Assessment, a handbook for Educators. New York: Addison-Wesley Publishing Company.
  • Mintzes J. J., Wandersee J. H, and Novak J. D, 1999, Assessing Science Understanding: A Human Constructivist View, Elsevier Academic Press, London
  • National Research Council. 2001. Knowing what students know: The science and design of educational assessment. Committee on the Foundations of Assessment. Pelligrino, J., Chudowsky, N., and Glaser, R., editors. Board on Testing and Assessment, Center for Education. Division of Behavioral and Social Sciences and Education. Washington, DC: National Academy Press.
  • Popham, W.J. 1995. Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.
  • Artikel-artikel terbaru (10-20 tahun terakhir) di jurnal Physical Review Physics Education Research dan jurnal lain dalam bidang pendidikan fisika, pendidikan sains, dan disiplin ilmu lainnya yang relevan