Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
S-S
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kecakapan belajar mandiri sepanjang hayat melalui kegiatan-kegiatan berikut. (1) secara aktif mengkaji dan mendiskusikan berbagai asumsi filosofis (worldviews) yang melandasi penelitian pendidikan pada umumnya dan penelitian pendidikan fisika pada khususnya; mendiskusikan berbagai desain penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran (mixed-methods); mensintesa artikel-artikel penelitian pendidikan fisika dan sains dari aspek metodologi; mendiskusikan teori, konsep, dan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif; praktik menganalisis data dan menyajikan hasilnya secara sistematis, terperinci, dan concise; praktik merancang metodologi penelitian dan menyajikan rancangannya secara rinci, sistematis, dan koheren sesuai tujuan atau rumusan penelitian yang dipecahkan.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu merancang metodologi penelitian pendidikan fisika yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian yang akan dipecahkan dan mampu memaparkan rancangan dan hasil analisis data secara terperinci, koheren, dan concise
  • Mampu merancang metodologi penelitian pendidikan fisika yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian yang akan dipecahkan dan mampu memaparkan rancangan dan hasil analisis data secara terperinci, koheren, dan concise
Daftar Pustaka:
  • Stockemer, D. (2018). Quantitative methods for the social sciences: A Practical Introduction with examples in SPSS and Stata. Springer.
  • Taber, K.S. (2014). Methodological Issues in Science Education Research: A Perspective from the Philosophy of Science. Dalam Matthews (ed). International Handbook of Research in History, Philosophy and Science Teaching; Chapter 57. Dordrecht: Springer Science+Business Media
  • Ding, L. (2019). Theoretical perspectives of quantitative physics education research. Physical Review Physics Education Research, 15(2), 020101.
  • Creswell, J.W dan Clark, V.L.P. (2018). Designing and Conducting Mixed Method Research, 3rd edition. Sage Publications.
  • Cohen,L., Manion,L. & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. New York: Routledge
  • Flick, U (2014). The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis. Los Angeles: SAGE.
  • Michael, J.A. (2017). Introduction to Quantitative Data Analysis in the Behavioral and Social Sciences. New Jersey: John Wiley & Sons.
  • Leech, N.L., Barrett. K.C. & Morgan,G.A. (2005). SPSS for Intermediate Statistics-Use and Interpretation, 2nd Edition. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
  • Johnson, R. A., & Bhattacharyya, G. K. (2019). Statistics: principles and methods 6th edition. John Wiley & Sons.
  • Artikel-artikel terbaru (10 tahun terakhir) di jurnal Physical Review Physics Education Research