Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Membahas desain dan analisis data penelitian, yang dikelola berupa penugasan-penugasan bermakna terkait penelitian-penelitian disertasi yang direncanakan yang dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi. Desain-desain itu terkait dengan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang meliputi survey, PTK, maupun pengembangan serta yang eksperimental (quasi eksperimental maupun true experimental) yang kiranya dirancang akan digunakan oleh mahasiswa dalam penelitian disertasinya. Analisis data penelitian yang dibahas berkenaan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif meliputi analisis data kuantitatif deskriptif maupun yang inferensial dalam rangka pengujian hipotesis, seperti uji beda dan uji hubungan, baik yang tergolong parametrik maupun nonparametrik.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengenali dan mengidentifikasi jenis permasalahan dalam penelitian biologi berdasarkan analisis kritis jurnal ilmiah yang relevan,
  • Mahasiswa mampu menganalisis fenomena, kenyataan dan harapan dalam kontek penelitian biologi berdasarkan analisis kritis artikel dalam jurnal ilmiah yang relevan,
  • Mahasiswa mampu melakukan penelusuran litratur baik cetak maupun daring (online) terutama jurnal internasional bereputasi dalam rangka penyusunan pra poposal tesis yang akan dilakukan
  • Mahasiswa mampu merancang suatu desain penelitian biologi berdasarkan temuan permaslahan yang telah ditemukan,
  • Mahasiswa mampu mengkomunikasikan desain penelitian biologi dalam bentuk proposal tesis yang akan dilakukan melalui presentasi
Daftar Pustaka:
  • Terrel, S.R. 2016. Writing a Proposal for Your Dissertation: Guidelines and Examples. New York: The Guilford Press.
  • Cohen, L., Manion. L., and Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. 8th Edition. New York: Routledge
  • Wah Chu, S.K., Reynolds, R.B., Tavares, N.J., Notari, M., and Yi Lee, C.W. 2017. 21st Century Skills Development through Inquiry-Based Learning from Theory to Practice. Singapore: Springer Nature.
  • Larini, M. and Barthes, A. 2018. Quantitative and Statistical Data in Education: From Data Collection to Data Processing. USA: John Wiley & Sons, Inc
  • Creswell, J.W. & Guetterman, T.C. 2019. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th Edition. New York: Pearson
  • Boudah, D.J. 2019. Conducting Educational Research "Guide to Completing a Thesis, Dissertation, or Action Research Project". Second Edition. USA: East Carolina University
  • Hair, J.F., Babin, B.J., Anderson, R,E. & Black. 2019. Multivariate Data Analysis. Hampshire, UK Cengage Learning, EMEA