Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
K-K
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan
mata kuliah lanjutan setelah mahasiswa lulus menempuh matakuliah Manajemen
Pemasaran. Isu yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi pengkajian market driven strategy di dalam
Organisasi Pemasaran; bagaimana strategi keunggulan bersaing yang tepat bagi
sebuah organisasi pemasaran agar mampu menjaga eksistensi di tengah persaingan
yang ketat; pengkajian kepuasan pelanggan dan mutu produk; penganalisisan
pasar; strategi segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran dan positioning;
strategi relationship; perencanaan produk baru; strategi produk dan pelayanan
pelanggan, strategi penetapan harga; strategi promosi, strategi distribusi; dan
implementasi dan pengendalian strategi pemasaran
Capaian Pembelajaran
Mampu memahami konsep Pemasaran Stratejik yang berorientasi pada pasar dan pesaing
Mampu menganalisis kondisi internal environment dan external environment organisasi
Mampu menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan sebuah organisasi
Mampu merancang strategi pemasaran sesuai kondisi internal environment dan external environment organisasi
Mampu membuat konsep pengendalian dan evaluasi strategi pemasaran
Cravens, David W, 1996, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa Lina Salim, Jilid 1, PT Erlangg
Cravens, David W, 1996, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa Lina Salim, Jilid 2, PT Erlangga
Tjiptono, F. G, Chandra. D, Adriana, 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit An
Tjiptono, F, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Penerbit Andi
Dhewi, Titis S, 2014, Strategi Pemasaran untuk Keunggulan Bersaing, Bayumedia Publishing
- Teacher: Ita Wilujeng