Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Apa, mengapa, bagaimana kurikulum; kajian tentang tujuan, konten, penelitian, manfaat pendidikan biologi Abad 21; hubungan antara Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian dalam kurikulum pendidikan biologi di sekolah (Kurikulum 2013); pendekatan/strategi/metode dan model pembelajaran biologi di sekolah yang sesuai dengan arah kebijakan pemerintah Indonesia dan pendidikan Abad 21; KKNI dan SNDIKTI sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia; konsep kurikulum dengan memadukan pendekatan kapabilitas, belajar berbasis kehidupan dan trandisipliner di Universitas Negeri Malang (UM); kajian tentang asesmen/penilaian pembelajaran biologi yang mendidik, autentik, dan berkelanjutan di sekolah; kajian tentang pendekatan/strategi/model dalam pembelajaran biologi untuk pembelajaran Abad 21 di sekolah; kajian tentang kurikulum berbasis capaian pembelajaran (outcome-based education) dalam pembelajaran biologi untuk pembelajaran Abad 21 di PT; Pengembangan kurikulum instruksional dalam pembelajaran biologi SMA/SMK; Pengembangan kurikulum formal program sarjana biologi dan/atau sarjana pendidikan biologi berbasis capaian pembelajaran (outcome-based education), KKNI dan SNDIKTI; pengembangan rancangan dan perangkat matakuliah dalam bentuk silabus atau Rencana Perkuliahan Semester dan Satuan Acara perkuliahan (SAP).
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mengembangkan desain kurikulum pendidikan dan pembelajaran biologi (formal dan instruksional) yang sesuai dengan tuntutan pendidikan abad 21 serta kondisi dan potensi nasional dan daerah pada level pendidikan dasar, menengag dan tinggi.
Daftar Pustaka:
  • Male, Brian and Waters, Mick. 2012. The Secondary Curriculum Design Handbook: Preparing Young People for Their Future. London: Continuum International Publishing Group
  • American Association For The Advancement Of Science. 2011. Vision and Change In Undergraduate Biology Education, A Call To Action. Wahington, Dc: American Association For The Advancement Of Science
  • Brint, Michael E. Marcey, David J. Shaw. Michael C. 2009. Integrated Science. New York: Springer Science+Business Media
  • Kulthau, C.C. Maniotes, L.K., Caspari, A.K. 2007. Guided Inquiry: Learning in the 21st Century School. Wesport, CT: Libraries Unlimited
  • Kulthau, C.C. Maniotes, L.K., Caspari, A.K. 2007. Guided Inquiry: Learning in the 21st Century School. Wesport, CT: Libraries Unlimited
  • Marzano, Robert J. Brandt, Ronald S. Hughes, Carolyn S. Jones B.F. Presseisen, B.Z. Rankin, S.C. Suhor, Charles. 1988. Dimension of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction.Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development
  • National Academy of Sciences. 2003. Bio2010: Transforming Undergraduate Education For Future Research Biologists. Wahington, DC: The National Academies Press